MALAKA, metro7.co.id – Dua desa di Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka yakni Desa Na’as dan Desa Motaulun mendapat penyerahan kunci fasilitas MCK dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perkumpulan Masyarakat Penanganan Bencana (PMPB) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) secara simbolis, Selasa (1/6/2021).

Roni Seran, koordinator PMPB NTT cabang Malaka mengatakan, tujuan mereka membangun fasilitas MCK selain untuk sanitasi lingkungan juga kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang kali Beninai beberapa waktu yang lalu.

Ia menambahkan, desain konstruksi bangunan MCK memiliki dua kamar yang di dalamnya dilengkapi dua jenis kloset yakni kloset jongkok dan duduk serta akses masuk WC terdapat dua bidang miring sehingga masyarakat disabilitas dan lansia, juga dapat mengakses fasilitas itu.

Roni Seran lebih lanjut menjelaskan, untuk titik yang ada di Desa Na’as fasilitas MCK diakses oleh 10 kepala keluarga terdekat. “Juga tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat Desa Na’ as untuk menggunakan fasilitas ini karena fasilitas ini dibangun untuk masyarakat Desa Na’as pada umumnya,” ujar Sekretaris Desa Wehali ini.

Untuk pembiayaan pembangunan fasilitas MCK ini PMPB telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Malaka, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malaka.  Anggaran yang digelontorkan untuk setiap unit MKC berkisar  Rp 17-18 juta,

Roni seran berharap, fasilitas yang telah dibangun ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dengan tetap memelihara bangunan ini agar ketika terjadi bencana banjir masyarakat tetap dapat menggunakannya.

Sementara pada tempat yang sama Febriana Luruk salah satu warga Desa Na’as selaku pemilik lahan pembangunan MCK memberikan penghargaan berupa ucapan terima kasih yang berlimpah atas PMPB yang telah membantu mereka dengan fasilitas MCK.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini dari PMPB Provinsi Nusa Tenggara Timur dan bersyukur atas kepedulian kepada kami di Desa Na’as,” imbuhnya.****