LABUAN BAJO, metro7.co.id – Asosiasi Kapal dan pelaku wisata serta Karang Taruna Labuan Bajo menggelar aksi solidaritas untuk membantu para korban yang terpapar dampak erupsi Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Berdasarkan laporan dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lembata, jumlah warga yang sudah dievakuasi dari kawasan rawan bencana gunung IlI Lewotolok hingga Selasa (1/12/2020) malam mencapai 6.237 jiwa dari total warga terdampak 21.000 jiwa.

Sejumlah anak muda pelaku wisata di Labuan Bajo menggelar aksi kemanusiaan ini di sejumlah titik selama tiga hari, Senin (30/11/2020) hingga Rabu (2/12/2020). Aksi solidaritas untuk Lembata sementara ini terkumpul dana sebanyak Rp 12 juta.

Koordinator aksi, Ahyar menjelaskan, tujuan aksi kemanusiaan ini untuk membantu warga di Kabupaten Lembata yang terpapar dampak erupsi gunung III Ile Lewotolok.

“Kita ajak warga kota Labuan Bajo untuk saling berbagi meringankan beban warga di Lembata,” kata Anyar saat menggelar aksi solidaritas di Simpang Langka Kabe, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat pada Rabu (2/12/2020).

Dalam pantauan metro7.co.id, sejumlah anak muda, Amir, Arno, Ferdi, Sandi dan Yudha mengusung sejumlah poster dan spanduk yang berseru ajakan kepada warga kota Labuan Bajo. “Pray For Lembata, Mari Bantu Ringankan Beban Mereka”, 4000 jiwa telah diungsikan,” demikian ajakan mereka.

Aksi tersebut mulai digelar pukul 09.00 WITA di Pasar Rakyat Batu Cermin, Desa Batu Cermin. Dari lokasi Pasar Batu Cermin, dilanjutkan di Simpang Langka Kabe-labuan Bajo, Desa Batu, Kecamatan Komodo.

Aksi tersebut mendapat simpatik dari para pengguna jalan yang melintasi ruas jalan itu. Aksi kemanysiaan inu berjakan lancar karena dikawal aparat kepolus7an dari Polres Mabar. “Kita sudah koordinasikan dengan Polres dan Danramil Labuan Baji,” ujar Ahyar.

Sebelumnya, kata dia, aksi serupa juga dilakukan di kawasan bisnis Marina, Kelurahan Labuan Bajo dan di Jalan Soekarno-Hatta, Kampung Ujung, Labuan Bajo, Kelurahan Labuan Bajo, Selasa (1/12/2020) kemarin. *