MALAKA, metro 7.co.id – Bantuan langsung tunai (BLT) yang dialokasikan melalui dana desa kepada masyarakat, akibat pandemi covid-19 pada tahap satu gelombang tiga disalurkan Pemdes Bonetasea kepada masyarakat penerima mamfaat di wilayahnya, dengan jumlah keluarga penerima manfaat 55 kepala keluarga.

Penjelasan ini di sampaikan Kepala Desa Bonetasea Edmundus Nahak, ketika ditemui media di sela-sela penyaluran fase tiga tahap satu diruang kerjanya, kemaren.

Untuk diketahui, bahwa penyaluran tahap satu fase tiga merupakan pembagian terakhir Rp 600 ribu kepada keluarga penerima mamfaat ( KPM ), untuk tiga bulan yang di alokasikan lewat dana desa, di saat pemerintah mengambil kebijakan untuk masyarakat dirumahkan, akibat mewabahnya virus covid-19.

Mundus Nahak menambahkan bahwa, sebelumnya pihaknya melakukan penyaluran BLT fase terakhir tahap satu hari ini. Ia sudah sampaikan kepada KPM bahwa, untuk hari ini bulan terakhir terima uang Rp 600 ribu.

“Akan kita lanjutkan lagi tiga bulan berikutnya, dengan nominal uang yang akan diterima 50 persen dari biasanya yakni Rp 300 ribu perbulan dan akan disalurkan untuk Juli, Agustus dan September,” katanya.

Selain BLT, untuk tahap dua dana desa, akan dialokasikan untuk fisik, khususnya sumur bor yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat Desa Bonetasea.

Diakhir penjelasannya kepada media, Kepala Desa Mundus berharap, agar uang Rp 600 ribu yang hari ini diterima oleh 55 KPM sekiranya dapat digunakan untuk belanja makan minum atau kebutuhan lainnya di dalam rumah tangga di tengah pandemi virus covid-19.

“Saat ini grafik tren penyebarannya, semakin meningkat dan masif,” imbuhnya. ***