MAYBRAT, metro7.co.id – Kepala Inspektorat, Naomi Netty Howay melakukan Launching kampung KB dan rumah data kependudukan di Kampung Aisyo Distrik Aifat Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat, Kamis (24/9).

Naomi saat diwawancarai awak media mengutarakan pihaknya sangat apresiasi kepada kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Maybrat atas inovasi yang baik untuk kebutuhan masyarakat. “Iya, apa yang dilakukan saat ini kami berharap masyarakat mendukung program seperti ini. Sekretariatan KB ini bisa untuk pemeriksaan ibu hamil, lansia, kesehatan ibu dan anak serta pendataan untuk kebutuhan dinas teknis lainnya dan pemerintah daerah untuk kebijakan pembangunan daerah,”ujarnya

Dikatakannya segala sesuatu yang baru dilakukan menurut Naomi yang juga ketua TP PKK Kabupaten Maybrat ini bahwa aktifitas pasti berjalan maju mundur. “Tetapi membutuhkan dukungan dari kita semua baik pimpinan dan staf, masyarakat dan lainnya,” tutur dia.

Kepala Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana (PPKB), Nikanor Kocu mengatakan kegiatan ini di programkan dari tahun 2020 berdasarkan hasil survei dan kriteria sebagai berikut jumlah keluarga pra sejahtera (KPS) dan keluarga sejahtera (KS) jumlah peserta KB dibawah rata-rata, dan daerah aliran sungai (DAS).

“Hari ini dilakukan pembukaan selubung papan nama kampung KB rumah data kependudukan dan budaya literasi keluarga di kampung Aisyo distrik Aifat Kabupaten Maybrat,” ujarnya.

Hak ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman melihat, membaca dan mengakses berbagai sumber media yang ada. Agar membangun dan meningkatkan keluarga yang sehat, berkualitas dan sejahtera.

Literasi yang didunakan kata dia literasi perpustakan keluarga, literasi media dan literasi visual.

Menurut dia, kegiatan itu berdasarkan visi dan misi pemerintah kabupaten Maybrat 2018-2022 termasuk visi dan misi dinas PPKB Kabupaten Maybrat yang dijabarkan dalam Renstra dan Renja tahun 2018-2020.

“Iya, ini juga kaitan dengan proyek perubahan laboratorium Diklat kepemimpinan Nasional tingkat II angkatan VIII LAN RI Makasar 2020, dengan tema yang dipilih yaitu penerapan budaya literasi keluarga (Bulike) KB di Maybrat,” katanya.

Lanjut dia tujuan kegiatan itu, untuk meningkatkan kesadaran, dan minat baca keluarga demi meningkatkan hidup keluarga yang sehat dan sejahtera. ***