SELATPANJANG, metro7.co.id – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, kembali meledak. Kini sudah menyerang pejabat pemerintahan desa.

Diketahui, warga dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) itu berinisial TA. Ia adalah seorang Kepala Desa di Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

TA terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab yang dikirim sebelumnya oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (10/09/2020). Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri, membenarkan informasi tersebut.

“Yang bersangkutan merupakan salah seorang kepala desa di wilayah Kecamatan Pulau Merbau,” kata Fahri.

Ditanya terkait riwayat perjalanan kepala desa tersebut, Fahri menjawab, disinyalir tidak memiliki aktivitas keluar daerah. Hanya saja, kata Fahri, TA diduga memiliki kontak erat dengan warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang saat ini sedang diisolasi di RSUD Kepulauan Meranti.

Ditambahkan Fahru, penyebaran Covid-19 tersebut melalui transmisi lokal. Ini sehubungan dengan Kepulauan Meranti berubah status dari zona kuning menjadi oranye.

“Saat dilakukan tracing, yang bersangkutan tidak memiliki aktivitas kemanapun. Diduga kuat dia memiliki kontak erat saat berkunjung dengan salah seorang yang sebelumnya sudah terkonfirmasi positif yakni AS dan saat ini sedang dirawat di RSUD,” ujarnya.

Fahri mengungkapkan, penambahan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Meranti saat ini ada tiga orang, termasuk TA. Dengan demikian, sampai ini, jumlah total yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Meranti ada 10 orang .

“Selain kepala desa, ada dua warga lainnya yang terkonfirmasi positif, yakni salah seorang pegawai honorer di Pengadilan Agama, dan satu siswa di sebuah Madrasah Tsanawiyah di Selatpanjang,” pungkas Fahri.***