SIAK, metro7.co.id – Bupati Siak Alfedri resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-20 Tingkat Kabupaten Siak, di halaman kantor Lurah Telaga Sam Sam, Kecamatan Kandis, Sabtu (12/12/20) pagi.

Meski sempat tertunda berkaki-kali perhelatannya, Musabaqah Tilawatil Qur’an MTQ ke-20 tingkat Kabupaten Siak, akhirnya secara resmi dibuka.

Bukan tidak beralasan pemerintah menunda pelaksanaanya, namun di karenakan bencana non alam wabah Covid-19 yang belum mereda.

“MTQ ini sempat di tunda berkali-kali karena wabah Covid 19 yang melanda daerah kita, dan akhirnya sempat kita putuskan pelaksanaanya pada hari ini, tanggal 12 Desember 2020,” ucap Bupati Siak ini.

Di jelaskannya, pelaksanaan MTQ ini mari di jadikan momentum untuk menumbuhkan semangat untuk membaca dan mempelajari Alquran. Sehingga Alquran benar benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya arus globalisasi dewasa ini.

“Terutama bagi anak-anak karena generasi muda penerus perjuangan bangsa, orang tua harus mampu memberikan pendidikan kepada anak-anak, terutama pendidikan budi pekerti, akhlaq dan agama,” ungkapnya.

Lanjutnya, kaegiatan MTQ ini dapat menjadi tolak ukur pembinaan seni baca Alquran disetiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak.

“Saya mengajak kepada kita semua, menadahkan tangan berdoa agar pandemi Covid-19 segera diangkat dari negeri istana ini. Sehingga masyarakat dapat beribadah dengan meramaikan mesjid, majelis taklim tanpa di hantui covid-19,” tutupnya.

Ketua panitia acara Camat Kandis Said Irwan menyampaikan kegiatan ini di ikuti sebanyak 623 orang peserta yang terdiri dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. Dengan jumlah cabang perlombaan sebanyak 8 cabang.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang terlibat langsung untuk menyukseskan perhelatan MTQ tingkat Kabupaten Siak ini. Semoga MTQ yang ke-20 kali ini mampu melahirkan Qori dan Qorian yang dapat mewakili Siak ditingkat nasional,” ucapnya.

Disamping itu Bupati Siak yang hadir bersana istri, juga turut menyerahkan bonus kepada Riski Indah Lestari juara 2 Hifdzil Qur’an 10 jus pada MTQ Tingkat Nasional di Kota Padang tahun 2019 lalu.