OGAN ILIR, Metro7.co.id – Kabupaten Ogan Ilir bukan daerah yang baru untuk AKP Robi Sugara, ia hari ini Senin (6/7) resmi kembali ke Polres Ogan Ilir, sebagai Kasat Reskrim.

Pria yang sebelumnya mejabat sebagai Panit I Bagwassidik Ditreskrimum Polda Sumsel ini, menggantikan AKP Malik Fahrin yang akan menempati jabatan baru sebagai Kasubbagrohjashor Bagwatpers RO SDM Polda Sumsel.

Saat diwawancarai, ia mengaku pernah berkutat di wilayah hukum Polres Ogan Ilir, beberapa tahun yang lalu.

“Saya pernah di Polres Ogan Ilir, tepatnya Kapolsek Muara Kuang dan Kapolsek Indralaya kurang lebih 3 tahun,” ujarnya usai Sertijab dengan AKP Malik Fahrin, di Mapolres Ogan Ilir.

Ia juga pernah menduduki jabatan sebagai Kapolsek Gelumbang, di wilayah hukum Polres Muaraenim. Selain itu, lulusan Secapa 2008 ini juga pernah menduduki jabatan Kasat Reskrim Polres Empatlawang.

“Dan sekarang saya diberi amanah untuk kembali ke Polres Ogan Ilir,” ucapnya.

Saat ini ia fokus untuk meneruskan apa yang menjadi pekerjaan Kasat Reskrim Polres Ogan Ilir sebelumnya.

Selain itu, pria kelahiran 28 April 1978 ini akan mempelajari medan dan wilayah Ogan Ilir, untuk kemudian merangkul stackeholder masyarakat Bumi Caram Seguguk demi terciptanya suasana kondusif di masyarakat.

“Kami akan melibatkan stackeholder masyarakat, tokoh masyarakat, pemuda untuk bersama-sama menjaga suasana kondusif di bidang kamtibmas,” katanya.

Selain itu, ia juga akan merangkul elemen desa untuk pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah), yang menjadi bencana musiman di Kabupaten Ogan Ilir. Ia akan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Mari sama-sama kita bahu-membahu, memberi pengertian kepada masyarakat agar tidak membakar lahan untuk membuka lahan. Apakah dibuka dengan cara digarap saja, tanpa membakar,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi mengucapkan selamat bertugas kepada Kasat Reskrim yang baru. Tak lupa ia juga berterima kasih kepada AKP Malik Fahrin yang dinilainya telah bertugas dengan baik selama menjadi Kasat Reskrim.

“Lakukan dengan ikhlas, kerjakan dengan baik agar pekerjaan tidak menjadi beban saudara. Kerja dengan total sebagai bentuk loyalitas terhadap pimpinan, dan ciptakan kerja sama yang baik agar tercipta etos kerja yang positif,” jelasnya. ***