MUSIRAWAS, metro7.co.id – Sembilan Program unggulan Pasangan Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud – Wabup Musi Rawas, Hj Suwarti akan direalisasikan secara bertahap.

Adapun Sembilan Program unggulan Janji kampanye duo yang akrab disapa dengan nama Duo Srikandi pada masa kampanye Pilbup Musi Rawas 2020 ini yakni,
seluruh Jalan Mulus Sampai ke Desa-desa, Sekolah Gratis, juga Seragam Baju Tas dan Sepatu Gratis. Berobat Gratis, Bantuan Pondok Pesantren, BantuanRumah Tahfidz Al-Qur’an, serta Bantuan Alat Berat Untuk Buka Lahan di Setiap Kecamatan, dan Satu Mobil Ambulan di Setiap Desa, Santunan Kematian Rp 3 Juta.

Diketahui ada beberapa yang telah direalisasikan dan diwacanakan yaitu, menggelontorkan dana Rp1 M untuk Ponpes, Rumah Tahfidz, Masjid dan Guru Ngaji telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, dan wacana bantuan santunan Kematian segera launching pada april yang akan datang.

“Dalam mewujudkan program Janji unggulan tersebut, Saya bersama Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti akan merealisasikannya secara bertahap. selain itu Visi Misi Musi Rawas Maju Mandiri dan Bermartabat (MANTAB) salah satunya dibidang keagamaan telah kita dilaunching pada Kamis (04/03/2021) lalu di Masjid Agung Darussalam, Muara Beliti,” kata Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud pada awak media, Sabtu, (20/03/2021).

Dirinya menjelaskan bahwa pada agenda itu terdapat 3 Rumah Tahfidz yang telah menerima bantuan tersebut, dengan masing-masing Rp 100 juta, Masjid Rp 50 juta, dua Ponpes masing-masing Rp 450 juta dan Rp 150 juta, dan dua orang Guru Ngaji dengan masing-masing Rp 3 juta. Total bantuan yang diberikan hampir mencapai Rp 1 Milyar.

“Bantuan tersebut sesuai dengan janji politik dalam kampanye pilkada yang lalu dan secara bertahap mulai direalisasikan,” terang Bupati Hj Ratna Machmud.

Dengan adanya bantuan yang diberikan, ia berharap agar dapat bermanfaat. Dan tentunya keinginan dari Orang nomor satu di Kabupaten Lan Serasan Sekantenan itu dalam upaya menumbuhkan kecintaan dan semangat masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami isi kandungan Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat muslim.

Sementara itu, Plt Kabag Kesra Setda Kabupaten Musi Rawas, Depi Siswanto menyampaikan, di Tahun 2021 bantuan untuk Program Rumah Tahfidz, ada tiga Rumah Tahfidz di daerah Kecamatan Muara Beliti, Kecamatan Muara Lakitan dan Kecamatan Megang Sakti.

Sedangkan Pesantren yang mendapat bantuan yakni Pesantren di Kecamatan TP Kepungut dan Kecamatan Sukakarya.

“Untuk bantuan ke masjid, ada 19 masjid masing-masing Rp 50 juta. Nilainya cukup besar dari tahun sebelumnya agar bantuan dapat dimanfaatkan lebih banyak, baik dari segi fasilitas peribadatan di masjid maupun fasilitas pendukung seperti toilet, tempat wudlu’ dan parkir,” paparnya.

Selain itu pula ada lagi bantuan untuk Guru Ngaji dan Marbot sebanyak 1.400 orang dengan besaran honor Rp 250 ribu perbulan yang akan disalurkan ke rekening masing-masing.

“Kita Do’a kan semoga dalam waktu tidak terlalu lama bantuan ini dapat kita realisasikan,” ucap Plt Kabag Kesra Setda Kabupaten Musi Rawas.[]