MUARADUA, metro7.co.id – Event Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) kembali sukses digelar pada perhelatan SRGF kelima tahun 2023 yang digelar di kawasan Wisata Danau Ranau, Sabtu (19/8).

Ribuan goweser memacu sepedanya untuk menjadi yang tercepat sembari menikmati keindahan alam Kabupaten OKU Selatan, khususnya Danau Ranau.

Pada tahun ini, SRGF dilaksanakan bertepatan dengan momen rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Sehingga diharapkan semangat kemerdekaan turut mewarnai event ini.

Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru mengungkapkan, event SRGF tersebut diselenggarakan untuk mendorong dan menarik masyarakat luar daerah maupun mancanegara untuk datang ke Sumatera Selatan khususnya OKU Selatan.

Herman Deru berharap potensi wisata maupun adat-istiadat, dan budaya yang ada harus terus dipromosikan.

“SRGF ini merupakan wujud kita dalam bersama-sama mendukung potensi-potensi yang ada di Sumatera Selatan,” ujarnya.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, pada kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan untuk kembali melaksanakan event berskala nasional ini.

Menurutnya, setiap tahun Pemkab OKU Selatan selalu mengevaluasi sehingga perhelatan yang menjadi kebanggaan masyarakat ini terus lebih baik dalam setiap event-nya.

Bupati Popo Ali juga mengucapkan terimakasihdan selamat datang kepada para peserta yang datang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia.

“Semoga ini menjadi momen untuk kita semakin menguatkan silaturahmi dan rasa kesatuan serta persaudaraan kita dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selamat bertanding dan selamat menikmati keindahan alam Kabupaten OKU Selatan,” harapnya.

Tak lupa, pada kesempatan itu juga, Bupati OKU Selatan dua periode ini mengucapkan selamat kepada para pemenang pada event tahunan ini.

“Pemkab dan masyarakat mendukung kegiatan ini apalagi hal ini menjadi salah satu ajang promosi untuk semakin memperkenalkan Kabupaten OKU Selatan dengan berbagai potensinya,” jelasnya.

Pada even kali ini, Kabupaten OKU Selatan mempersiapkan berbagai hal penunjang kegiatan SRGF dengan semaksimal mungkin. Tak hanya itu, pada kegiatan ini juga Kabupaten OKU Selatan turut menampilkan berbagai potensinya melalui UMKM-UMKM yang turut dihadirkan dalam kegiatan tersebut.

Untuk menyemarakan kegiatan ini, panitia juga menyiapkan hadiah untuk para peserta yang berhasil mencapai garis finish dan juga doorprize untuk para pengunjung. Hadiah yang disiapkan panitia berupa mobil, sepeda motor, sepeda dan hadiah menarik lainnya. Sedangkan untuk doorprize disiapkan hadiah berupa peralatan elektronik.

Pada kesempatan itu, Gubernur H Herman Deru beserta Bupati Popo Ali dan sejumlah pejabat lainnya melepas keberangkatan para goweser dari garis start. Di akhir event, ditutup dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang dari berbagai kelas dan penampilan dari artis yang memukau para pengunjung.