OKU SELATAN,metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan membentuk Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk perluasan pembangunan Bendungan Tiga Dihaji seluas +- 334,62 Hektar yang terletak di Kecamatan Tiga Dihaji dan Kecamatan Mekakau Ilir.

Bupati OKU Selatan Popo Ali mengatakan pembangunan bendungan Tiga Dihaji di rencanakan berfungsi sebagai bendungan serba guna dalam upaya terselengaranya kegiatan konservasi, pemenuhan kebutuhan air baku, irigasi dan pengendalian banjir serta sarana lainnya.

“Upaya kegiatan pembangunannya merupakan tugas pemerintah pusat dalam hal ini BBWSS VIII,” katanya.

Adapun tugas tim dalam kegiatan yakni melaksanakan pemberitahuan rencana pembangunan. Lalu pendataan awal lokasi rencana pembangunan. Kemudian konsultasi publik rencana pembangunan dan menyiapkan penetapan lokasi. Selanjutnya mengumumkan penetapan lokasi pembangunan serta melaksanakan tugas lain yang terkait persiapan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum yang ditugaskan oleh Gubernur.

Sementara Ketua Pelaksana Hermansyah Said, menjelaskan Dasar Kegiatan Sosialisasi ini dari Surat Keputusan Bupati OKU Selatan Nomor: 302/KPTS/DPMPTSP/TPPT.II/V/2020 tentang Pembentukan Tim Persiapan Pengadaan Tanah Untuk Perluasan Pembangunan Bendungan Tiga Dihaji seluas +- 334,62 Hektar.

Adapun tahapan kegiatan pembangunan bendungan melalui pengadaan tanah yang di awali kegiatan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pelaporan.

Lalu letak dan luas tanah yang dibutuhkan untuk pembangunan Bendungan Tiga Dihaji seluas 334,62 Ha.

Ketua Pelaksana juga berharap seluruh tim persiapan memahami apa yang harus dilakukan, dan bersinergi aktif dalam koordinasi. “Sehingga seluruh tujuan yang ada dalam Surat Keputusan Bupati OKU Selatan berjalan dengan baik,” ucapnya. ***

Reporter : Kohar Muzakar / OKU Selatan – Sematera Selatan.