PALEMBANG, metro7.co.id – Dari belasan Kota dan Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, tercatat sebanyak 645 Jurnalis telah berhasil ”Lulus Sertifikasi Profesi/Sertifikasi Wartawan” di Dewan Pers dengan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) .

Hal itu diketahui usai Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar,S.Pd, M.Si menyampaikan kata penutupan UKW angkatan 34 di Hotel Beston Palembang, Kamis (28/10/2021).

Ada tiga kategori UKW di Dewan Pers dalam Status Sertifikasi Wartawan yakni, Wartawan Muda khusus profesi Jurnalis, Wartawan Madya ( Diatas Jurnalis yaitu Redaktur) , Wartawan Utama (Diatas Jurnalis, dan Redaktur yakni Level Pimred).

Dikatakan Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar, S.Pd, M.Si dengan adanya 15 peserta UKW angkatan 34 maka total sudah 645 wartawan di Sumsel yang sudah berkompeten. Diantaranya 88 yang sudah level Utama, 110 level Madya dan 447 level Muda.

“Kendati sudah dinyatakan berkompeten dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Muda, Madya maupun Utama, Wartawan diminta terus mematuhi kode etik dan semakin memperluas wawasan,” ucap Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar,S.Pd, M.Si.

Sementara itu, dalam agenda tersebut, Wakil Ketua PWI Pusat Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan H Octaf Riadi, SH mengaku bangga dengan komitmen PWI Sumsel yang telah menggelar UKW secara terus menerus dengan didukung penuh SKK Migas dan KKKS.

“Kenapa kita terus memprioritaskan UKW? Karena ini bagian dari himbauan Dewan Pers. Dan bukti dari Wartawan Kompeten adalah melalui ”ujian” dulu, selain itu pula wartawan diharapkan terus tetap meningkatkan kompetensi juga wawasan melalui peningkatan belajar,” pesan Wakil Ketua PWI Pusat Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan, H Octaf Riadi, SH kepada jajaran PWI dalam agenda UKW yang memakan waktu selama dua hari tersebut. ***