SIANTAR, metro7.co.id– Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar Syahputri Hefriansyah Boru Hutabarat bersama para istri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyosialisasikan Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker).

Sosialisasi tersebut dilakukan tepatnya di delapan kecamatan yang ada di Kota Pematangsiantar, Rabu (2/9/2020).

Syahputri Hefriansyah menerangkan, dalam sosialisasi Gebrak Masker tersebut, mereka membagikan 5 ribu pieces masker di delapan kecamatan.

Masker-masker tersebut, katanya, dibagikan langsung ke masyarakat dengan mendatangi dari rumah ke rumah (door to door). Masih kata Syahputri, tujuan Gebrak Masker yaitu mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Pematangsiantar.

“Bulan lalu Bapak Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan kepada Ketua Umum TP PKK Pusat Ny Tri Tito Karnavian untuk melibatkan TP PKK di seluruh Indonesia dalam menyosialisasikan pemakaian masker secara masif. Dilanjutkan sosialisasi cuci tangan pakai sabun, serta menjaga jarak,” terang Syahputri.

Lanjut, 25 Agustus 2020 lalu, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara Nawal Edy Rahmayadi beserta para istri Forkopimda Provinsi Sumut telah menyosialisasikan Gebrak Masker di Kota Tebingtinggi. Dalam kegiatan itu, Syahputri turut hadir bersama TP PKK Kabupaten Batubara dan TP PKK Kota Tebingtinggi. Ketiga kabupaten/kota tersebut masing-masing menerima bantuan 5 ribu pieces masker.

“Sehingga dapat kita laksanakan pembagian masker hari ini kepada masyarakat di delapan kecamatan yang ada di Kota Pematangsiantar secara simbolis,” katanya.

Syahputri juga menyampaikan, harus tetap diingat, siapa pun dan di mana pun berada dapat menjadi korban Covid-19 tanpa mengenal usia dan status. “Tetap waspada dan tetap disiplin menjaga kesehatan,” imbaunya.

Dalam sosialisasi Gebrak Masker tersebut, masker yang dibagikan di Kecamatan Siantar Barat 650 pieces, Siantar Utara 650 pieces, Siantar Timur 650 pieces, dan Siantar Selatan 550 pieces.

Kemudian Kecamatan Siantar Marihat 650 pieces, Siantar Marimbun 650 pieces, Siantar Sitalasari 540 pieces, dan Siantar Martoba 650 pieces.

Ridho (9) bocah kelas 4 SD mengaku senang dan mengucapkan terima kasih atas pembagian masker tersebut. Begitu juga Nurlia Boru Naipospos (87). Ia berharap Covid-19 segera berlalu, terutama dari Kota Pematangsiantar. *