TAPANULISELATAN, metro7.co.id – Dipenghujung sisa masa jabatan yang akan berakhir bulan februari mendatang, Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaraibu, SH meresmikan Mesjid Agung Syahrun Nur, Monumen dana Rakca serta dan Pena Emas dikomplek perkantoran pemerintah kabupaten tapanuli selatan jalan prof. Lafran pane sipirok, jumat (22/01/2021).

Mesjid Agung Syahrun Nur ini merupakan ikon tapsel, Monumen dana Rakca dan pena Emas merupakan penghargaan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah tapanuli selatan atas pengeloaan keuangan daerah dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 kali berturut turut.

Dalam sambutannya, Bupati Syahrul mengatakan bahwa ” proses penyelesaian pembangunan mesjid agung tersebut memakan waktu lebih kurang tiga tahun, tentu ini bukanlah hal mudah, maka itu kita perlu dukungan dari berbagai pihak dan perencanaan yang matang agar suatu program dapat terlaksana dengan baik, dan saya juga berharap agar pemimpin tapsel berikutnya, pegawai serta masyarakat setempat untuk dapat menjaga, merwat serta memakmurkannya” ujar syahrul.

Dalam kesempatan itu juga bupati Syahrul mengukuhkan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten tapanuli selatan Ustadz. H. Ahmad Gozali siregar sebagai ketua mui Tapsel serta meresmikan kantor Mui Tapsel.

Anggota komisi XI DPRI H. Gus Irawan Pasaribu yang juga berasal dari dapil tapsel ini mengapresiasi kinerja bupati Syahrul, beliau mengatakan ” saya
mengapresiasi bupati Tapsel atas berbagaj capaian dan membangun tapsel ini selama dua periode, dan ini menjadi tantangan bagi pemimpin tapsel berikutnya untuk bisa membangun dan membawa tapsel ke arah yang lebih baik lagi” ungkap Gus.

Selain Anggota DPRI Gus Irawan pasaribu, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution juga mengatakan ” Padangsidimpuan sebagai salah satu daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan berdasarkan UU otonomi Daerah, turut merasa bangga atas peresmian mesjid agung syahrun nur ini yang jadi ikon tapsel, begitu juga monumen dana Rakca dan pena emas atas keberhasilan pengelolaan keuangan daerah dengan predikat WTP 5 kali berturut turut,
Ini senantiasa akan mengingatkan kita terhadap kepemimpinan bupati tapsel H. Syahrul M Pasaribu” kata Irsan.

Husin sogot simatupang selaku ketua DPRD Tapsel dalam sambutannya mengatakan, “mesjid agung syahrun nur dibangun dalam kondisi keuangan yang sulit secara nasional, namun kesuliatan itu dapat diatasi dengan pembuktian penyelesaian pembangunan mesjid tersebut”.

“Merencanakan pembangunan dapat dilaksanakan dengan mudah dan membangunnya pun tidak terlalu sulit, akan tetapi yang lebih sulit yaitu menjaga, merawat dan memakmurkannya”.kata Sogot.

Dalam acara tersebut, selain anggota Komisi XI DPRI Gus Irawan pasaribu, walikota padangsidimpuan Irsan efendi Nasution, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, juga tampak hadir Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj,ketua DPRD Padangsidimpuan Siwan Suswanto, wakil buoati tapsel Aswin siregar, ketua Mui tapsel Ustadz. H. Ahmad Gozali siregar, ketua Mui Padangsidimpuan Ustadz. H. Zulfan Efendi Hasibuan, sekda tapsel Parulian Nasution,beserta undangan lainnya.