NIAS BARAT, metro7.co.id – Hingga saat ini, tahap pelaksanaan dan penyelesaian pembangunan Gedung RS Pratama Lologolu telah mencapai target 86,55%. Hal ini disampaikan oleh PPK pembangunan RS Pratama Lologolu. Rabu, (11/01/2023)

Sebelumnya, PPK Pembangunan Rumah Sakit Pratama Baru Lologulu Evan Triman Gea, yang dihubungi oleh beberapa awak media, mengatakan bahwa progres pembangunan rumah sakit per 31 Desember 2022 telah mencapai 86,55 persen.

Ia mengatakan bahwa keterlambatan pembangunan rumah sakit tersebut disebabkan oleh faktor eksternal, yaitu curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi ± 3 bulan menjelang akhir tahun 2022. Iapun menilai bahwa pihak penyedia mampu menyelesaikan pekerjaan, sehingga memungkinkan diberikan perpanjangan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Lebih lanjut Evan Triman Gea menjelaskan bahwa perpanjangan waktu atau pemberian kesempatan menyelesaikan pekerjaan kepada penyedia tidak diharamkan dalam hukum kontrak dan hal tersebut telah diatur dalam Perpres Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagaimana perubahan terakhir dalam Perpres Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Perubahan atas Perpres Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah pada Pasal 56 dan Peraturan LKPP Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa melalui Penyedia.

“Pemberian perpanjangan waktu atau kesempatan kepada penyedia bertujuan agar pekerjaan terselesaikan dan outputnya dapat bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa pengambilan keputusan terkait perpanjangan waktu pembangunan rumah sakit tersebut adalah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi dari Tenaga Ahli dari Politeknik Negeri Medan yang telah kerjasama pada pekerjaan tersebut. Pungkasnya Eva Triman Gea

Sementara itu, warga setempat juga berterimakasih dan mengakui bahwa pelaksanaan pembangunan RS Pratama Lologolu begitu cepat.

“Kami sebagai masyarakat yang ada di selingkungan pembangunan RS Pratama ini sangat berterimakasih karena kami perhatikan para pekerja begitu sungguh-sungguh dan kerja serius. Apalagi berdasarkan pantauan kami dimana bahwa penanganan pelaksanaan pembangunan RS Pratama tersebut termasuk begitu cepat”, ungkapnya.

Tentu dengan hal ini menjadi sebuah kebahagiaan semua karena dengan adanya RS Pratama Lologolu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Kami sebagai masyarakat tetap mendukung terus pelaksanaan pembangunannya,” tutupnya.*