NIAS, metro7.co.id – Salah satu kemanunggalan rakyat dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah gotong royong. Sebagaimana yang dilakukan oleh Personil Koramil 03/Idanogawo Kodim 0213/Nias, dipimpin Sertu Sarjono dan 4 orang Bintara Pembina Desa (Babhinsa) dan dibantu masyarakat kurang lebih 50 orang.

Karya bakti babhinsa Koramil 03/Idanogawo Kodim 0213/Nias bersama masyarakat dengan sasaran kegiatan pembangunan jembatan darurat dari batang kelapa yang merupakan jalan penghubung antara Kecamatan Idanogawo dan Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias, menuju Kecamatan Gomo Kabupaten Nias Selatan, tepatnya di Desa Siofabanua Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (06/10/2020).

Sertu Siduhu Tafonao menyampaikan bahwa sesuai informasi yang diperoleh dari salah satu masyarakat setempat, jembatan tersebut dibangun sekitar tahun 2000. Akibat hujan yang terus menerus hingga banjir, jembatan pun rusak.

“Dengan adanya pembuatan jembatan darurat ini sangat membantu masyarakat yang melintasi jembatan tersebut,” ucap Sertu Siduhu Tafonao.

Selanjutnya Siduhu Tafonao mengatakan bahwa dengan adanya peran serta Babhinsa, maka pembuatan jembatan darurat tersebut dapat dikerjakan bersama-sama dengan masyarakat setempat.

“Jembatan ini juga merupakan akses bagi masyarakat dalam melakukan aktifitas, terutama menuju ke Pekan Siofabanua yang diperkirakan sekitar 2 km dari lokasi jembatan ini,” katanya.

Sementara Danramil 03/Idanogawo Kapten Inf Hezaro Gulo menegaskan, tugas Babhinsa adalah membantu masyarakat dalam kesulitan.

“Kepada semua babhinsa yang sedang bertugas di wilayah Koramil 03/Idanogawo bisa mengajak masyarakat desa untuk membangun jembatan darurat dari batang kelapa tersebut,” jelasnya.

Kegiatan ini menurutnya, selain menumbuhkan rasa kepedulian juga dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat. “Salah satunya adalah bekerjasama memecahkan masalah dan bergotong royong,” pungkasnya.***