TAPANULISELATAN, metro7.co.id – Ibadah Perayaan Natal Oikumene Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2020 yang di laksanakan di Gereja Pentakosta di Indonesia (GPdI) jln. Siais Desa Tindaon Laut, Kecamatan Angkola Sangkunur kabupaten Tapanuli Selatan, Jumat (04/12/2020).

Ketua Panitia Perayaan Ibadah Natal Pdt. Daniel Siregar, S.Th dalam Laporannya memaparkan ” Perayaan Iabadah Natal Oikumene Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2020 sangat berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, ditengah musibah pandemi virus corona yang melanda dunia saat ini, khususnya Negara kita Indonesia, dan dengan aturan protokol Kesehatan kita lakukan perayaan ibdah Natal Oikumene Tapanuli Selatan tahun 2020 ini dengan sangat sederhana tanpa mengurangi nilai dan makna Natal bagi umat kristiani, serta mengusung Thema :”Mereka Akan MenamaiNya Immanuel (Matius 1:23), Sub Thema :” Dengan hidup bersama Kristus, Umat Kristen di Tapanuli Selatan tetap menjaga persaudaraan yang rukun dan taat akan aturan yang berlaku serta menjadi berkat bagi semua orang”. Yang telah di jelaskan dan dipaparkan melalui khotbah yang dibawakan oleh Sekretaris Jenderal Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA) Pdt. Ramos BB Simanjuntak, S. Th”

Kami mohon maaf kepada seluruh Umat Kristiani yang ada di kabupaten Tapanuli Selatan kita pusatkan di kecamatan Angkola Sangkunur mewakili 1Gereja yang ada di Angkola Sangkunur 1 penatua,Pimpinan sinode baik Preses dari dominasi Gereja Yang ada Ditapsel dan dari 12 kecamatan lainnya kita hadirkan hanya Korcam dari Badan Kerja Sama Antar Gereja (BKAG) Tapanuli Selatan, beserta Undangan Lainnya yang tidak Lebih dari Jumlah Maksimal 100 Orang sesuai Anjuran Protokol Kesehatan.”jelas Pdt Daniel Siregar.

Dalam Sambutannya Ketua Badan Kerja Sama Antar Gereja (BKAG) kabupaten Tapanuli Selatan Pdt Budi Nainggolan menyampaikan Pesan Natal ” Untuk semua Umat Kristiani yang ada di kabupaten Tapanuli Selatan ditengah keprihatinan situasi kondisi saat ini akibat Wabah pandemi covid 19 yang banyak merenggut korban jiwa, dan dunia berduka Karenanya, namun Tuhan tetap memberikan hikmat kepada kita untuk menjaga hati, menjaga jarak,menjaga diri serta menyadari hidup ini adalah rahasia dan sementara,untuk itu jangan kita siasiakan, ditengah ketakutan saat ini masih ada Tuhan menyertai kita, untuk itu kami dari BKAG Tapanuli Selatan menghimbau kepada seluruh Umat kristiani agar tetap mengikuti dan mematuhi Protkol Kesehatan setiap Ibadah di Gereja masing masing, serta pada bulan ini juga kita akan menghadapi pesta Demokrasi, agar semua umat Kristiani menggunakan hak Pilihnya dengan Damai, Aman, dan Nyaman dalam mengikuti Pesta Demokrasi Tersebut”pesan Pdt. Budi Nainggolan.

Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu,SH melalui sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahlinya Ali Akbar menyampaikan” sebagai Umat ciptaan Nya kita harus menyadari Makna Perayaan Ibadah Natal itu adalah dimana Natal selalu menganjurkan suatu kehidupan Kedamaian, Cinta Kasih, Kekeluargaan, dan gotong royong, semangat inilah yang menjadikan Kabupaten Tapanuli Selatan menjadi salah satu kabupaten yang sangat menghargai keberegaman dan menjadikannya perekat diantara komponen masyarakat”

Pemerinta Kabupaten Tapanuli Selatan telah berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat Tapsel, pembangunan disegala sektor baik Infrastruktur, pengembangan SDM telah dirasakan manfaatnya oleh berbagai lapisan masyarakat bahkan sampai kepelosok Tapanuli Selatan, ini tentunya semua atas kerjasama dan dukungan semua lapisan Masyarakat, dalam kesempatan ini juga kami mau sampaikan bahwa bulan ini juga kita akan melangsungkan Pesta Demokrasi pada tanggal 9 desember 2020 mendatang untuk memilih pemimpim Tapsel yakni Bupati/Wakil Bupati yang baru, pergunakanlah hak pilihmu dengan Tertib,Damai,Aman dan nyaman .” Ditengah wabah penyebaran virus corona yang saat ini melanda Negara kita yang sampai sekarang belum kita ketahui kapan musibah Covid19 ini akan berakhir, untuk itu mari kita tetap menjaga kesehatan, ikuti dan patuhi Protokol kesehatan yang berlaku kiranya wabah covid19 ini cepat berlalu, dan akhirnya atas nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan Saya mengucapkan selamt atas perayaan hari Natal Oikumene buat Umat Kristiani yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan, semoga kedamaian, kebahagiaan menjadi momentum untuk membawa perubahan yang lebih baik kedepan, dengan Perayaan Hari Natal ini akan lebih mendekatkan,lebih mendewasaan lebih memperketat diri kita kepada Tuhan, mempererat tali persaudaraan, dan rasa kesatuan dan persatuan sesama Umat beragama” kata H. Syahrul M Pasaribu, SH.

Dalam kesempatan itu juga, Dandim 0212/TS Letkol. Inf. Rooy Chandra Sihombing, S. I. P Senada dengan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan, Edison Rambe, menyampaikan Pesan Natal :” kiranya Makna Perayaan Ibadah Natal ini kita menyadari bahwa kehadiran dan kelahiranNya membawa Damai dan Suka cita bagi Umat yang Percaya kepadaNya, menjelang pesta demokrasi 9 desember 2020 mendatang kami himbau kepada kita semua agar tetap hidup rukun,damai,aman dan nyaman dalam mempergunakan hak pilih, menjaga kesatuan dan persatuan yang utuh di lingkungan kita masing masing” kata mereka.

Tampak hadir dalam acara tetsebut, Mewakili Bupati Tapsel, Ali Akbar, Anggota DPRD Edison Rambe, Dandim 0212/TS Letkol. Inf. Rooy Chandra Sihombing, S. I. P, Kapolres Tapsel diwakili Kabag Sumda Kompol B Tampubolon, Danramil 19/Siais Kapt. Maryanto, Camat Angkola Sangkunur Mhd Tohir Pasaribu, Mewakili DPC GAMKI Tapsel, Mewakili FKUB Tapsel, Mewakiki Kakandepag Tapsel Kasi Bimas Kristen Zetro Simanjuntak, S. Pak, Ketua BKAG Tapsel Pdt. Budi Nainggolan, Korcam BKAG Tapsel, Pucuk Pimpinan GKPA dalam hal ini Sekjend Pdt. Ramos BB Simanjuntak, beserta undangan lainnya.