GUNUNGSITOLI, metro7.co.id – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Gunungsitoli bersama warga binaan melaksanakan Bhakti sosial peduli lingkungan dan dibantu TNI Babinsa Koramil 01 Gunungsitoli dan Satlantas Polres Nias, Jumat (03/07/2020).

Dalam bakti sosial ini, Kalapas Gunungsitoli Soetopoo Barutu mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan melakukan perbaikan bahu jalan akses jalan Dolok martimbang menuju Lapas atau rumdis Kodim 0213/Nias.

“Merasa terpanggil salah institusi yang ada di Desa Hilinaa untuk menggagas perbaikan jalan mengingat sempitnya badan jalan dan bahu jalan serta beram yang relatif  tinggi sehingga rawan kecelakaan selama ini,” tutur Kalapas.

Selain itu, Soetopo Barutu menjelaskan bahwa sumber dana dari pekerjaan ini murni gotong royong  dan kontribusi rekan rekan petugas Lapas dengan kesadaran tinggi untuk membangun.

“Keterlibatan dalam pembangunan ini merupakan bagian pembinaan dengan asimilasi membaurkan warga binaan ditengah masyarakat sebelum selesai masa pidananya dan menumbuhkan semangat nasionalisme,” jelas Soetopo.

Tambahnya lagi, pihaknya telah melibatkan sebanyak 32 orang petugas dan 10 orang warga binaan dibantu 8 orang babinsa koramil kota Gunungsitoli dan 2 orang personil Satlantas Polres Nias.

“Besar material yang dipergunakan dalam pekerjaan bakti sosial tersebut sebanyak 25 sak semen, 6 pickup sertu, 3 pickup batu mangga dan 3 pickup pasir,” pungkas Soetopo. ***