ASAHAN, metro7.co.id – Sejumlah kepala desa dari Kecamatan Sei Dadap, Asahan, Sumatra Utara, dimintai keterangan oleh pegawai inspektorat di kantor Desa Sei Kamah I, Sei Dadap, Rabu (28/4/2021).

Terpantau, kepala desa yang hadir di antaranya adalah Kades Sei Kamah Baru, Kades Sei Kamah II, Kades Pasiran dan Kades Bahung Sibatu Batu. Ada tiga pegawai Inspektorat yang melakukan pemeriksaan atas berkas yang diserahkan kades-kades tersebut.

Salah satu pegawai Inspektorat yang melakukan pemeriksaan, Nawal, mengungkapkan, pihaknya hanya melakukan pemeriksaan kegiatan di desa-desa. “Kita hanya memonitoring kegiatan di desa-desa,” ucapnya. Sayang, Nawal bergesak pergi menggunakan mobil Toyota Rush BK 1315 VK.

Sementara itu, Camat Sei Dadap gagal ditemui untuk diminta keterangan terkait pertemuan para kades dan pegawai inspektorat tersebut. “Camat sedang keluar,” ujar Sekretaris Camat Sei Dadap, Hoga Panjaitan.

Hoga membenarkan, tiga pegawai inspektorat tersebut melakukan pemeriksaan terhadap 7 kades di Kecamatan Sei Dadap itu. Menurutnya, hal itu terkait Laporan Pertanggungjawaban (LPj) kades tahun 2019. “Terkait temuan LPj di tahun 2019,” katanya.[]

Awak media kemudian langsung menuju ke kantor Inspektorat Kabupaten Asahan untuk meinta keterangan lebih dari Nawal. Namun, menurut salah satu pegawai inspektorat, Zulkarnain, Nawal sedang tidak ada di ruangannya. Padahal, mobil yang digunakan Nawal terparkir di halaman kantor.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada penjelasan resmi dari Inspektorat Asahan terkait pemeriksaan para kades di Sei Dadap.[]