MUARADUA, metro7co.id – Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan, H Sholehien Abuasir melaksanakan salat hari raya Idul Adha Tahun 1445 H / 2024 M, di Masjid Agung Al Muhtadin Muaradua, Senin (17/6).

Menjelang shalat, Wakil Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dalam sambutannya mengatakan, salah satu hikmah Idul Adha adalah bagaimana menguatkan keikhlasan beribadah dan berqurban sebagaimana Nabi Ibrahim AS, Siti Hajar dan Nabi Ismail AS.

Telah meletakkan dasar-dasar ketauladanan fundamental yang hingga kini masih dilaksanakan, yakni pelaksanaan ibadah haji dan penyembelihan hewan kurban.

Sama seperti tahun yang lalu, tahun ini Pemerintah Kabupaten Oku Selatan tercatat menyalurkan sebanyak tujuh ekor sapi, terdiri dari 2 ekor dari Korpri dan 2 ekor dari OPD Kabupaten OKU Selatan, ditambah 1 ekor dari Bank Sumsel Babel, 1 ekor dari Bank BPR Baturaja dan 1 Ekor dari Jama’ah yang dialokasikan ke masjid Agung Al-Muhtadin.

Dijelaskannya, hari raya Idul Adha atau yang sering disebut idul kurban tidak lepas dari sejarah pengorbanan luar biasa yang dilaksanakan nabi Ibrahim terhadap putranya nabi Ismail AS, ketulusan dan kepatuhan nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT dalam menjalankan perintahnya. Bukan sebatas menyembelih hewan dan membagikan daging kurban kepada saudara-saudara muslim yang membutuhkan.

“Namun harus lebih dari itu, yaitu tertanam rasa kebersamaan, saling tolong menolong dan kesetiakawanan sosial yang tercermin dalam perilaku sehari-hari seluruh umat muslim. Artinya momentum hari raya kurban, yang datang sekali dalam setahun harus di mewarnai semangat berkurban sepanjang tahun, bahkan sepanjang hayat, kalau semangat ini sudah dibangun mulai dari keluarga maka sebuah dari masing-masing kekuatan besar akan terbentuk di tingkat negara dan bangsa, khususnya di Kabupaten OKU Selatan,” jelasnya.

Dalam hal itu, ia meminta kepada jamaah shalat idul Adha untuk bersama-sama mendoakan seluruh jamaah haji, terkhusus jamaah haji asal Kabupaten OKU Selatan.

“Semoga selalu diberikan kekuatan dan kesabaran dalam kesehatan, menjalankan ibadah haji, dan kembali ke tanah air dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur dan mabrurah,” harapnya.

“Saya atas nama jajaran Pemerintah Daerah, Lembaga Legislatif, dan Forum Koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, serta atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan. Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/ 2024 Masehi Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Dan Batin,” tambahnya.

Sementara dalam laporannya, Kabag Kesra mengatakan, dalam rangka melaksanakan Shalat Idul Adha secara berjamaah, semoga amal ibadah di terima Allah SWT.

“Kami selaku panitia, dalam hal ini melaporkan tentang panitia pelaksana shalat idul adha oleh Pemerintah Kabupaten OKU Selatan. Dasar program kerja Kesra, Surat Keputusan Bupati tentang pembentukan panitia kurban dan shalat idul Adha Tahun 1445 H / 2024 M,” tutupnya.