PADANGSIDEMPUAN, metro7.co. id – Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution lanjutkan perjalanan Tim Safari Ramadhan Pemerintah Kota Padang Sidempuan di Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Palopat Maria, Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru, Selasa (11/4/23).

Acara dimulai dengan buka puasa bersama, kemudian dilanjutkan dengan sholat magrib dan sholat isya serta sholat tarawih berjamaah bersama masyarakat Kelurahan Palopat Maria dan sekitarnya.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Irsan beserta rombongan memberikan bantuan 100 paket tali asih untuk penanggulangan stunting berbentuk susu serta makanan tambahan yang mendukung tumbuh-kembang anak. Hal tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemko Padang Sidempuan dalam menekan angka stunting yang menjadi program prioritas skala nasional.

Irsan pada sambutannya menjelaskan bahwa Stunting adalah gagal tumbuh anak di usia 0 – 5 tahun akibat kurangnya asupan gizi, di mana dalam jangka pendek dapat menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme, dan pertumbuhan fisik pada anak. Sementara, dalam jangka panjang, dampak stunting adalah sebagai berikut: Kesulitan belajar. Penyakit jantung dan pembuluh darah. “Dengan diberikannya bantuan ini kepada anak-anak di Kota Padang Sidempuan dapat terhindar stunting dan gizi anak-anak dapat dicukupi sehingga menciptakan generasi penerus yang cerdas,” ucapnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan tausyiah yang dibawakan oleh Ustad Zainal Arifin Tampubolon yang juga Ketua Bazda Padang Sidempuan seputar amalan-amalan dibulan puasa yang mengajarkan umat islam untuk ikhlas.

Sebelumnya Camat Padang Sidempuan Hutaimbaru Cecep Rahmat mengucapkan terimakasih atas dijadikannya Kelurahan Palopat Maria sebagai salah satu lokasi safari ramadhan Pemko Padang Sidempuan dan selamat datang kepada bapak Walikota beserta rombongan di Masjid Al-Ikhlas.

Hadir dalam kegiatan safari ramadhan 1444 H tersebut Kakan Kemenag, Danramil, Ketua MUI, Ketua Bazda, Asisten, Staff Ahli, Pimpinan OPD, Camat Padang Sidempuan Hutaimbaru, Lurah dan Kepala Desa, Ketua BKM Masjid Al-Ikhlas Darwis Nainggolan. ***