MATARAM, metro7.co.id – Pasangan Djohan Sjamsu-Danny Carter Febrianto Ridwan (Djohan-Dani) atau yang lebih akrab disebut Joda Akbar dipastikan mengantongi Surat Keputusan (SK) dukungan tiga partai politik (Parpol), yakni PKS, PKB dan Partai Gerindra untuk Pilkada Kabupaten Lombok Utara (KLU). Minggu, (02/08/2020).

Belum puas dengan dukungan tiga partai tersebut, paket Joda Akbar targetkan dapat dukungan koalisi besar dengan menanti SK dari partai Golkar dan Nasdem.

Momentum terbitnya SK dari dua partai terakhir ditunggu Joda Akbar sebelum mereka melakukan deklarasi.

“Ya Joda Akbar akan deklarasi setelah ada kepastian dukungan dari Golkar dan Nasdem,” ungkap ketua DPC Partai Gerindra, Sudirsah Sujanto.

Disampaikan, pihaknya tengah mengintensifkan lobi-lobi politik terhadap dua Parpol tersebut. Sudirsah pun optimis bahwa arah dukungan partai Golkar dan Nasdem dalam waktu dekat akan diraih pasangan Joda Akbar.

Hal tersebut diyakini Sudirsah berdasarkan komunikasi politik yang telah dibangun dengan dua partai tersebut. Ia menilai, telah ada kesepahaman dan kecocokan antara paket Joda Akbar dan dua parpol itu terkait kepentingan bersama di Pilkada KLU.

Dengan bergabungnya dua parpol itu ke gerbong koalisi pendukung Joda Akbar maka akan semakin menegaskan besarnya peluang menang.

“Target kita bangun koalisi besar,” terang Sudirsah yang juga anggota DPRD NTB Dapil Lobar-KLU tersebut.

Dijelaskan, sebenarnya saat ini paket Joda Akbar sudah final diusung koalisi empat Parpol. Yakni PKS, PKB, Gerindra dan PDI-P. Terkait PDI-P, kendati belum terbit SK, Sudirsah memastikan jika dukungan sudah menjadi milik Joda Akbar.

“Pak Djohan dan Danny saat ini sedang di DPP PDI-P. Mereka diundang terkait rencana penerbitan SK dukungan di Pilkada KLU,” paparnya.

Sementara itu, anggota desk Pilkada DPD PDI-P NTB, Raden Nuna Abriadi saat dikonfirmasi wartawan membenarkan bahwa DPP PDI-P sedang memangil kandidat Bakal Calon (Balon) Pilkada yang berpeluang didukung dan diusung di lima dari tujuh Pilkada Kabupaten/Kota di NTB, yakni Pilkada KLU paket Joda Akbar, Pilkada Loteng paket Dwi-Normal, Pilkada Sumbawa paket Haji Mo-Novi, Pilkada Dompu paket Ruslan-Nasaruddin dan Pilkada Bima paket Irfan-Herman Edison.

Arah dukungan PDI-P di lima Pilkada itu kemungkinan besar akan diumumkan pada pengumuman tahap ketiga.

Terkait kapan pengumuman dilakukan, Nuna mengaku belum bisa memastikan.

“Soal kapan diumumkan, kita masih tunggu kepastian dari DPP,” pungkasnya. ***