BARABAI — Kesadaran akan arti tanggungjawab menjaga kelestarian lingkungan yang hijau dan sehat, menjadi komitmen bersama jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Hulu Sungai Tengah.  Komimen itu secara sinergis diimplementasikan melalui peningkatan gerakan penghijauan lingkungan.

Setelah sebelumnya, jajaran Muspida HST bersama-sama membangun hutan taman kota di beberapa tempat di Kota Barabai, termasuk taman hutan kota di lingkungan SMAN 2 Barabai, kali ini mereka memilih sasaran lingkungan sekitar Stadion Murakata yang memang masih terlihat kurang asri.
“Program reboisasi atau penanaman pohon yang diselenggarakan ini, diharapkan mampu menyelamatkan lingkungan. Walau manfaatnya belum secara global, namun paling tidak nantinya dapat menyerap polusi udara di wilayah HST. Pemanfaatan kondisi lahan agar berfungsi sebagai unsur produksi dan pengatur tata air serta dapat mengantisipasi bahaya banjir,” ujar Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Dr Ir H Harun Nurasid MM MT di sela kegiatan penanaman pohon, Jum’at , (2/3).
Menurut H Harun Nurasid, kegiatan penghijauan yang menjadi program nasional dan agenda masyarakat internasional tersebut, sangatlah bermanfaat untuk kesehatan semua pihak. Selain itu, diharapkan untuk wilayah Kabupaten HST, semua warganya menjadi warga yang sehat dan sejahtera. Sedangkan tujuan lebih luas adalah bagi kemaslahatan masyarakat dunia yang berada dalam ancaman pemanasan global.
“Seperti kita ketahui, beberapa tahun terakhir ini kita sering mendengar isu pemanasan global. Dampaknya antara lain berupa kerusakan ekosistem. Bangsa Indonesia sebagai bagian dari komunitas dunia, mempunyai tanggung jawab untuk menyelamatkan bumi,” tandas Harun.
Gerakan reboisasi ini ditandai dengan penanaman pohon secara bergiliran yang dimulai oleh Bupati HST Harun Nurasid yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten HST Hj Tintainah Harun Nurasid, diikuti Dandim 1002 Barabai Letkol Heri Pribadi, Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya SIk, Kajari Barabai, Perwakilan dari Pengadilan Negeri Barabai, Ketua Persit dan Ketua Bhayangkari, serta seluruh jajaran TNI, POLRI, serta jajaran Pemerintah Kabupaten HST lainnya.
Kegiatan tersebut juga diisi senam bersama jajaran Pemkab HST, TNI dan Polri Kabupaten HST yang bertempat di Halaman Stadion Olahraga Murakata Barabai yang dilanjutkan pemeriksanaan kesehatan gratis oleh tim medis dari Dinas Kesehatan setempat bagi seluruh peserta senam. advhst