Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-104 dan Hari Ulang Tahun ke63 Proklamasi Gubernur Tentara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Divisi IV Pertahanan Kalimantan Selatan, diperingati bersamaan oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong pada Senin (28/5/2012) lalu dengan kegiatan upacara di Taman Kota Tanjung.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Tabalong Drs H Rachman Ramsyi MSi sedangkan peserta upacara terdiri dari para PNS di lingkup Pemkab Tabalong, pasukan TNI dan Polri serta para pelajar.
Dalam upacara yang penuh khidmat itu, Bupati Tabalong membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin.
Dalam sambutannya, Gubernur mengucapkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional dan HUT Proklamasi Divisi IV Pertahanan Kalimantan Selatan. Melalui peringatan tersebut diharapkan bisa mengambil hikmah dan pelajaran serta makna yang terkandung di dalam peringatan itu, terutama semangat membangun Banua serta senantiasa dapat menumbuhkan keteguhan dan kesetiaan kita semua terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Diharapkan dengan peringatan Harkitnas dan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI kerukunan serta mutu Sumber Daya Manusia (SDM) bisa ditingkatkan sebagaimana tema pelaksanaan peringatan, yaitu “Kerukunan dan Mutu SDM Menjadi Tantangan Kita Bersama Untuk Ditingkatkan ini, sangatlah relevan untuk dijadikan fokus perhatian, karena kerukunan dan mutu SDM adalah dua hal yang turut menentukan keberhasilan dalam membangun banua menjadi lebih baik maju dan berkembang.

Peringatan dua hari bersejarah itu jangan hanya semata-mata ingin mengingat sejarah saja, tetapi harus dapat direnungkan dan dihayati arti dari rasa cinta terhadap tanah air,” ijar Gubernur. Metro7/Via