TK Negeri Pembina Negeri Tanjung mewakili Kabupaten Tabalong sebagai peserta Lomba Gugus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berprestasi tingkat provinsi Kalimantan Selatan tahun 2012.
Terkait hal itu, Selasa (7/8/2012) lalu Gugus Paud TK Pembina Tanjung yang diberi nama “Gugus PAUD Kenanga” menerima penilaian dari Tim Penilai Lomba Gugus PAUD berprestasi Provinsi Kalsel, yang dipimpin Didi dan dua anggotanya, Hj Irus dari Disdik Provinsi serta Lilis Ketua IGTKI Provinsi Kalimantan Selatan.
Acara didahului silaturahmi bersama para guru TK yang turut dihadiri Wakil Bupati Tabalong H Muchlis SH, Kepala Dinas Pendidikan Drs H Erwan SH MAp, Kabid Diklamen Drs Sujadi, Kasi Dikdas Abdurahman SPd, para Pengawas Sekolah, Camat Tanjung Drs A Tajuddin MSi, dan Kepala UPT Disdik Kecamatan.
Kemudian bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan laporan Ketua Gugus PAUD Kenanga Kecamatan Murung Pudak, Hj Roosmayati yang mengatakan bahwa dulu TK Pembina Negeri Tanjung berada di bawah binaan UPT-PC Kecamatan Tanjung, namun sekarang karena letaknya di wilayah Kecamatan Murung Pudak, maka telah menjadi tanggung jawab UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Murung Pudak.
“Gugus PAUD Kenanga pada tahun 2011 bernama Gugus TK Bunga Tanjung. Perubahan nama menjadi bunga Kenanga karena bunga tersebutlah yang sering digunakan dalam kegiatan-kegiatan budaya, dengan harapan semerbak harumnya PAUD Kenanga sampai ke ibu kota,” ujarnya.
Gugus PAUD Kenanga sendiri menghimpun berbagai aktivitas, seperti TK, Kelompok Brainds, Taman Penitipan Anak dan satuan PAUD sejenis berjumlah 8 lembaga. Gugus PAUD ini pernah menjadi Juara II tingkat Provinsi Kalsel, Juara III Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Provinsi Kalsel, Juara II TUT PAUD Tingkat Provinsi, Juara Audisi Pop Dangdut tingkat Provinsi Kalsel.
 “PAUD ini sudah pernah pula mengikuti kejuaraan di Jakarta dan pada bulan September 2012 nanti akan pergi lagi ke Batam,” imbuh Hj Roosmayati.
Keberadaan PAUD Kenanga ujarnya, adalah untuk menyebarluaskan informasi yang prima kepada gugus-gugus lain yang ada di Kabupaten Tabalong. Di antraranya bahwa ada kelompok menyanyi yang mempunyai audiens sendiri dan bisa dipanggil untuk mengisi acara, ada juga kelompok tari serta telah berhasil memasarkan produk temulawak dan Teh Nofena hasil budidaya sendiri.
Hj Roosmayati berharap adanya pembinaan yang berkesinambungan oleh semua pihak, sehingga PAUD yang keberadaannya didukung oleh Pemkab melaui Dinas Pendidikan, PGTKI dan Komite ini tidak hanya sebagai ajang untuk lomba, namun bisa menjadi kegiatan rutin.
Ketua Tim Penilai Lomba gugus PAUD Provinsi Kalimantan Selatan, Didi dalam sambutannya menjelaskan, lomba yang dilakukan tahun ini meliputi Lomba Gugus PAUD, Lomba Lembaga Berprestasi, baik kelompok bermain maupun TK.
Sementara itu, Wakil Bupati Tabalong H Muchlis SH mengatakan bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang untuk meraih masa depan yang lebih baik di kemudian hari. Oleh karena itu, upaya menerapkan pendidikan sejak dini merupakan kebutuhan yang sangat mendasar. Pada usia dini anak-anak mengalami masa emas, di mana apabila pada masa tersebut anak diberikan stimulasi yang tepat, akan menjadi modal penting bagi perkembangannya di kemudian hari.
“Kami berharap, ini akan bermuara pada peningkatan kualitas pendidikan kita, sehingga kelak pada gilirannya akan turut memberikan sumbangsih terhadap perbaikan generasi bangsa sebagai penerus tonggak estafet pembangunan di tanah air. Ini juga sebagai wujud keseriusan kita untuk menjadikan Tabalong sebagai pusat pendidikan, juga selaras dengan visi Kabupaten Tabalong dalam rangka mewujudkan Masyarakat Tabalong yang Sehat Cerdas Sejahtera Berbasis Agamis,” tandasnya. Metro7/Via