Oleh: Ade Rachman
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sedang menyusun rancangan pelaksanaan Pemilu secara serentak untuk meningkatkan kualitas Pemilu d imasa depan. Rencana itu sedang dibahas kemungkinan dilakukan dua bentuk, yakni; Pemilu Nasional yang meliputi Pemilu anggota DPR, DPD, dan pemilihan Presiden. Sedangkan pemilu lokal, untuk memilih kepala daerah dan anggota DPRD.

Terkait dengan hal ini, rencana pelaksanaan Pemilu secara serentak tersebut sedang diproses oleh Komisi II DPR RI, dan hingga saat ini ada dua fraksi yang mendukung hal itu, yaitu fraksi PDI-P dan PKB. Namun, Partai Demokrat menyatakan tidak sepakat dengan usulan penyelenggaraan pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pilkada 2014 secara serentak, karena konsep Pemilu yang sekarang dinilai sudah bagus.

Meskipun demikian, sejumlah pihak mendukung realisasi wacana pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2014 secara serentak ini, karena dianggap dapat memberikan dampak positif. Pelaksanaan ini memang sudah diwacanakan dan diminati karena banyak manfaatnya, baik bagi masyarakat, Parpol, maupun pemerintah. Manfaat yang paling utama dari pelaksanaan Pemilu secara serentak itu adalah efisiensi dan efektivitas dalam hal waktu dan dana.

Pemilihan secara serentak juga dapat mengurangi kemungkinan tingginya angka Golput di masyarakat, karena kebosanan menghadapi proses pemilihan berkali-kali. Selain itu, cara tersebut dianggap dapat meminimalisasi politik transaksional dan politik uang (money politic) yang seringkali terjadi pada saat Pemilu. Pemilu secara serentak juga dapat menekan kecenderungan oportunitis dari para politikus dengan mempersempit peluang untuk berpindah dari satu partai ke partai lain.

Kita menilai bahwa inti dari pelaksanaan Pemilu secara serentak adalah agar Pilpres, Pileg dan Pilkada dapat memberikan efisiensi anggaran dan efektifitas pelaksanaan Pemilu bagi KPU, KPUD, serta masyarakat. Meski belum tentu menyelesaikan masalah, gagasan ini layak didukung karena akan mengurangi biaya politik yang dikeluarkan pemerintah. Pemilu serentak ini baik, bukan hanya untuk efisiensi anggaran pemerintah, melainkan juga penting buat masyarakat agar tidak jenuh menentukan pilihan politiknya. ***