Bupati Bartim Drs.H.Zain Alkim Berada Ditengah Kemah Pramuka Bangi Wao
TAMIANG LAYANG – Ratusan pramuka siaga, penegak dan pandega berkumpul di Bumi Perkemahan Bangi Wao Tamiang Layang sejak Jumat (5/10) hingga Minggu (7/10) lalu. Generasi muda penerus bangsa ini menampilkan kemahiran, keterampilan, dan ilmu kepramukaan.
Mereka mengikuti perkemahan (perjusami) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-51 Pramuka, dengan kegiatan di lapangan terbuka dan di buka oleh Bupati Bartim Drs H Zain Alkim. Turut hadir dalam acara itu Wakil Bupati Ir Yuren S Bahat dan petinggi Pemkab Bartim, serta pengurus Kwartir Cabang dan Ranting pramuka se-Bartim.
Bupati Drs H Zain Alkim di hadapan generasi muda penerus bangsa itu berpesan agar terus mengisi keseharian dengan belajar dan berorganisasi sebagai wadah untuk mengasal ilmu kepemimpinan. Apalagi dalam organisasi pramuka, ilmu dan kepemimpinan menjadi satu yang dipelajari.
Zain juga meminta pramuka Bartim untuk selalu mengamalkan Dasa Dharma dalam kesehariannya. Karena di dalam Dasa Dharma Pramuka itu memuat etika hidup yang harus ditanamkan dalam jiwa anggota pramuka.
Selama tiga hari di bumi perkemahan itu, peserta Perjusami akan mengikuti berbagai kegiatan, antara lain lomba cerdas cermat tentang kepramukaan, pembelajaran sandi, bakti sosial, dan kegiatan lainnya.
Upacara pembukaan Perjusami di Bumi Perkemahan Bangi Wao tersebut dirangkai dengan penyerahan seragam lengkap pramuka kepada pelaksana upacara oleh bupati Zain Alkim disaksikan para ratusan pramuka dan undangan.
Acara tersebut juga diwarnai dengan atraksi penanggulangan gangguan kamtibmas diperlihatkan anggota pramuka dari Satuan Karya (Saka) Bhayangkara Polres Bartim, dilanjutkan dengan gerakan beladiri menangkis dan memukul musuh dalam sebuah kejahatan oleh anggota pramuka. Dan atraksi keterampilan dalam pasang bongkar tenda juga diperlihatkan pramuka dari Kecamatan Dusun Tengah. (Metro7/M.Jaya/bajang)