Rantau — Pemerintah Kabupaten Tapin, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, menggelar bimbingan teknik untuk meningkatkan kapasitas pemerintah dalam melaksanakan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) pembangunan jangka menengah. Kegiatan tersebut digelar di Pendopo Balahindang, Rantau, baru-baru tadi.
Ketua Penyelenggara kegiatan Drs Zain Arifin MM mengatakan, bimbingan teknis ini dilaksanakan atas dasar Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 67 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan KLHS dalam penyusunan atau evaluasi rencana pembangunan daerah.
“Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah untuk melaksanakan KLHS terhadap pembangunan jangka menengah daerah, sekaligus memberikan arahan dan bimbingan kepada para peserta selaku pemangku kepentingan di dalam membuat kebijakan, rencana dan program (KRP) dengan memperhatikan prinsip pembangunan yang berkelanjutan dan lingkungan hidup,” ujar Zain.
Bimtek ini diikuti oleh 56 orang peserta yang berasal dari para pejabat dan staf yang membidangi masalah tersebut pada setiap SKPD, unsur dunia usaha, organisasi pemuda, akademisi dan dewan pendidikan. Sedangkan pemateri berasal dari Tim Bangda Kementrian Dalam Negeri dan Konsultan Nasional, Sondang dan Adi Wiyana.
Bupati Tapin Drs HM Arifin Arpan MM saat membuka kegiatan tersebut mengatakan mendukung diadakannya bimbingan teknis ini, karena sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Tapin. Dan yang sudah dilaksanakan adalah penghijauan di Kabupaten Tapin.
“Bagaimana lingkungan kita ini menjadi lebih baik, jangan sampai nantinya kota Tapin yang kecil ini lingkungannya justru tambah parah. Dengan program ini paling tidak bisa mengurangi kerusakan lingkungan,” kata Arifin.
Menurutnya, Kabupaten Tapin sepertinya harus ada kota sehatnya. “Saya mengajak kepada jajaran SKPD, khususnya Dinas Kesehatan untuk mencari dan menentukan di mana yang layak untuk memenuhi syarat dalam membuat sebuah kota sehat,” tambahnya.
Nanti, tambahnya lagi, dianggarkan dananya melalui APBD Tapin, dan lokasi kota sehat ini agar bisa dinikmati oleh masyarakat. “Kepada pimpinan SKPD di Lingkungan Pemkab Tapin agar benar-benar bisa mengikuti kegiatan yang digelar selama tiga hari ini dengan baik, dan bisa menerima materi dengan baik. Hasil dari bimtek ini nanti disampaikan kepada staf di kantornya, guna memperbanyak pengetahuan, wawasan yang disampaikan para pemateri,” pesan bupati.
Ia juga mengharapkan peserta bimtek proaktif dalam kegiatan ini, baik saran atau masukan terhadap KLHS, dalam rangka penyusunan RPJMD Kabupaten Tapin. (Metro7/Fit)