Budi Santoso. Spd
Kepsek SMAN 1 Dusun Tengah
Tamiang Layang — Animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMAN 1 Dusun Tengah terbilang cukup tinggi. Pada tahun ajaran 2013 ini, jumlah siswa yang mendaftar mencapai 230 orang, sedangkan yang dapat diterima hanya sebanyak 203 orang.
Hal ini diungkapkan oleh Kepala SMAN 1 Dusun Tengah, Budi Santoso SPd ketika ditemui di ruang kerjanya baru-baru tadi. “Kalau kita lihat jumlah penerimaan siswa baru pada tahun ajaran 2012 telah lalu hanya mencapai 189 siswa sedangkan pada tahun ajaran 2013 ini jumlah siswa yang dapat kita terima mencapai 203 siswa,” katanya..
Selain membuka penerimaan siswa baru melalui jalur umum, sekolah ini juga menerima siswa baru melalui jalur prestasi. “Kami dari pihak sekolah membuka melalui dua jalur yang pertama melalui jalur prestasi dan yang kedua melalui jalur umum, akhirnya dari hasil seleksi dari dewan guru dan panitia dari 230 hanya 203 siswa yang dapat diterima di SMAN 1 Dusun Tengah,”kata Budi.
Masih kata Budi, penerimaan siswa baru melalui jalur prestasi ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan para siswa saat menempuh pendidikan di SMP. Sehingga saat diterima di sekolah ini bisa meningkatkan prestasi yang diraih pada dia duduk dibangku SMP dan paling tidak bisa mempertahankan prestasi yang sudah diraihnya selama ini.
Budi juga menjelaskan, SMAN 1 Dusun Tengah memiliki 17 ruangan sekolah dengan jumlah murid 500 lebih dan guru yang ada sebanyak 35 orang. Sedangkan jurusannya ada dua, IPA dan IPS. “Dengan jumlah murid yang ada dan tuntutan dunia pendidikan sekarang ini yang semakin hari semakin meningkat, maka guru yang kita miliki kurang untuk standar jumlah guru efektif tapi dengan tantangan dan kekurangan yang kita miliki selama ini, kita terus untuk berusaha untuk melakukan pembelajaran kepada siswa dengan semaksimal mungkin,” pungkas Budi Santoso. (Metro7/Ali/Fauzi)