Tanjung — Selain kaya dengan sumber daya alam seperti minyak bumi dan batubara, Kabupaten Tabalong juga memiliki sejumlah obyek wisata yang cukup menarik. Sayangnya, sektor kepariwisataan ini belum dikelola secara maksimal demi mendongkrak pendapatan daerah.
Kepala Dinas Sosial Kebudayaan dan Pariwisata (Dinsosbudpar) Kabupaten Tabalong, H Yuhani SAg SPd MSi, mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan semua elemen masyarakat untuk memajukan dunia pariwisata di Bumi Sarabakawa. “Di samping berdampak positif terhadap pendapatan daerah juga akan terbukanya peluang usaha bagi masyarakat yang berada di sekitar lokasi wisata,” katanya, baru-baru tadi.
Dijelaskan Yuhani, obyek wisata yang akan dikembangkan oleh Dinsosbudpar antara lain Danau Tanjung Puri. Pihaknya akan jembatan, tempat peristirahatan, pesangrahan, rumah makan dan tempat permainan anak di lokasi wisata ini.
Kemudian ada juga Air Terjun Lano dengan ketinggian 40 meter yang dinilai memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri. Susunan batu cadas berwarna keperak-perakan dengan airnya yang jernih mempunyai potensi sebagai tempat wisata alam untuk penelitian flora dan fauna serta hutan wisata.
Ada juga wisata alam Kinarum Indah dengan riak dan hempasan air di sela batu-batu pegunungan serta pesona Goa Liang Kantin keindahan stalaktit dan stalaknitnya. Loasi lainnya adalah wisata religi seperti Masjid Pusaka Banua Lawas dan Makam Syech Muhammad Nafis al-Banjari. (Metro7/Via)