BANJARBARU – Dalam beberapa hari belakangan, kondisi cuaca Banjarbaru dan seluruh wilayah Kalsel pada umumnya kerap berubah-ubah, dari panas tiba-tiba turun hujan.
 Kondisi ini kerap diwarnai dengan disertai angin kencang. Sejumlah daerah pun mulai waspada dengan kondisi angin kencang yang rawan menyebabkan terjadinya bencana.
 Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kelas I Banjarbaru, Purwanto, mengingatkan akan bahaya angin kencang yang ditimbulkan dari kondisi cuaca yang kerap berubah secara tiba-tiba tersebut.
 “Sangat mungkin muncul angin kencang hingga kecepatan 100 kilometer per jam saat tiba-tiba hujan, padahal sebelumnya cuaca panas. Atau pada siang hari panas, malamnya hujan,” jelasnya, Senin (5/1/2015).
Pada saat cuaca panas, lanjutnya, tekanan menjadi rendah dan sebaliknya ketika dingin. Kondisi ini menyebabkan adanya perbedaan tekanan udara yang berpotensi menyebabkan munculnya angin kencang secara tiba-tiba.
 Ditambahkan Purwanto, kondisi ini ditunjang dengan topografi Kalimantan Selatan yang berupa pegunungan, yang membuat tekanan udara juga sering berubah. “Kondisi ini diperkirakan berlangsung hingga Februari 2015 mendatang,” tuturnya. (metro7/fit)