BARABAI – Setelah melakukan pembinaan di beberapa desa seperti desa Kindingan Kecamatan Hantakan dan desa Tanah Habang Kecamatan Batang Alai Selatan, Bupati HST Dr H Harun Nurasid didampingi ketua TP PKK HST kembali mengunjungi desa Labunganak Kecamatan Batang Alai Utara, Rabu (18/2)
Kunjungannya ke desa Labunganak dalam rangka silaturrahmi dengan warga desa tersebut sekaligus memberikan arahan dan pembinaan kepada para pembakal desa se kecamatan Batara.
Bupati HST H Harun Nurasid, dalam sambutannya menyampaikan para pembakal desa diminta agar mampu menjalankan roda pemerintahan di desanya masing-masing. Hal ni bertujuan untuk terciptanya pembangunan desa yang lebih baik lagi.
“Suksesnya sebuah penyelenggaraan negara haruslah dimulai dari pengelolaan administrasi pemerintahan di tingkat desa. Sehingga pembinaan administrasi desa menjadi kegiatan rutin yang harus dilakukan pejabat pemerintahan di atasnya,”terangnya.
Lebih lanjut, orang nomor satu di Bumi Murakata ini menuturkan , pengelolaan administrasi memang sangat dibutuhkan kepala desa dan perangkat desa. Kemampuan tersebut berguna bagi penyajian data atau informasi yang lengkap di suatu desa.
“Jika administrasi tersaji baik, pembakal desa juga cepat mengambil keputusan,guna terselenggaranya pembangunan di desanya,” ujarnya.
Selain itu, ia juga memaparkan beberapa program pemerintah daerah dalam beberapa tahun terakhir telah mengalami kemajuan yang cukup pesat, baik itu dibidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang pertanian dan perkebunan, juga penekanan angka pengangguran dan kemiskinan dan lainnya.
“Kami merasa senang, karena keberhasilan-keberhasilan pembangunan daerah, tidak luput dari peranan pembangunan di pedesaan,” tuturnya.
Pada kesempatan itu, turut berhadir para kepala SKPD terkait, Camat Batara Abdul Razak, unsure muspika Batara, para pembakal desa se kecmatan Batara,
tokoh agama, tokoh masyarat dan warga sekitar. diakhir acara, juga dilaksanakan diskusi pembakal dan warga desa bersama Bupati Harun Nurasid. AdvHumHST