TAMIANG LAYANG – Desa Lampeong Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur. Untuk dana Desa APBDES tahun ini meningkat sebesar Rp 1 milyar lebih, untuk dana tahap satu sudah keluar, maka sesuai dengan RPMDES tahun 2016 ini. ada beberapa program kerja untuk mempercepat pembangunan khususnya pelaksanaan fisik pekerjaan.
Hal ini diungkapkan Kades Lampeong Basran ketika ditemui Metro7 dikediamannya belum lama tadi mengatakan, tahun ini kita akan memfokuskan untuk membangun kantor Desa dengan ukuran 8 X 8 meter permanen sebesar Rp. 110 juta, selain itu juga pembuatan sumur sebanyak 20 buah untuk masing-masing RT karena pada saat menjelang musim kemarau biasanya warganya kesulitan untuk mendapatkan air.
“Oleh sebab itu pembuatan sumur ini, merupakan lanjutan pembuatan sumur pada tahun 2015 kemarin sebanyak 20 buah, dan tahun ini kita lanjutkan lagi sebanyak 20 buah sumur, kita harapkan dengan terbangunnya sumur dimasing-masing RT, akan membantu untuk memudahkan warga kita saat datangnya musim kemarau dan tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan air,” ungkap Basran.
Dia juga menjelaskan untuk infrastruk pembangunan jalan yaitu pembuatan jalan usaha tani di RT 4. dengan panjang 210 meter dan lebar 2 meter menggunakan cor beton, pembuatan jalan usaha tani di RT 1, dengan panjang 50 meter dan lebar 2 meter cor beton, untuk pembangunan balai Desa rencananya akan diprogramkan pada tahun 2017 mendatang.
Basran juga berharap, agar dana Desa tahap II jangan sampai mulur seperti tahun kemarin, akhir Desember baru keluar. “Kapan kita melaksanakan pembangunan fisiknya dan menyusun SPJ nya, hal tersebut hendaknya menjadi perhatian oleh Pemerintah Daerah agar dalam penyerapan anggaran dan pelaksanaan pembangunan di Desa bisa benar-benar terlaksana dengan baik sesuai dengan keinginan dan harapan kita bersama,” pungkas Basran. (metro7ali)