TANJUNG – Tabalong Birds Singing Contest Bupati Cup I atau lomba kicau mania tingkat regional, Minggu (26/03/2017) bertempat di Hutan Kota Pembataan berlangsung meriah karena diikuti peserta seluruh kabupaten di Kalimantan Selatan bahkan dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.
Bupati H Anang Syakhfiani saat membuka kontes burung berkicau memastikan pemkab Tabalong bakal mendukung penuh kegiatan lomba kicau mania, juga ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut meramaikan lomba, baik peserta dari luar daerah, dan peserta lokal. Terlebih kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menggalakkan budidaya dan melestarikan burung yang sudah hampir punah.
  Selain menetapkan Tabalong Birds Singing Contest Bupati Cup menjadi even tahunan, Bupati Anang turut memastikan akan membuatkan lapangan khusus dan megah bagi para kicau mania untuk menggantangkan burungnya.
  “Pembangunannya akan kita anggarkan di APBD Perubahan 2017 ini, jadi saat Hari Jadi Daerah  nanti, Tabalong sudah memiliki lapangan bagus untuk para kicau mania,” katanya.
  Dukungan bupati juga dibuktikannya dengan memberikan hadiah door prize sepeda motor. Selain itu dipastikannya pada even lomba berikutnya, dia akan turut ikut menggantangkan burung atau ikut langsung sebagai peserta lomba kontes kicau mania.
  Sementara Panitia Tabalong Birds Singing Contest Bupati Cup I, Subhan mengatakan lomba ini selain merupakan bagian dari upaya menggalakkan budidaya burung kicau dan melestarikan burung yang sudah punah di kawasan hutan Kalimantan, juga membangun silaturahmi dan persaudaraan antar pecinta burung dari berbagai daerah. Tujuan lain adalah terbangunnya nilai-nilai sikap kecintaan kepada hewan terlebih budidaya terhadap burung kicau yang mulai langka.
  “Terima kasih dari kami kicau mania untuk pak bupati atas semua dukungannya. Termasuk hadiah door prize sepeda motor yang secara pribadi beliau berikan, bahkan rencana akan membangunkan lapangan khusus untuk pencinta burung berkicau di Tabalong,” kata Subhan didamping Ketua Sarabakawa Bird Club, Amat.
  Ada empat kelas di acara lomba Tabalong Birds Singing Contest Bupati Cup I ini, yakni kelas Bupati Tabalong, kelas agamis, kelas bersinar dan kelas bermartabat. Juga melombakan beragam burung lokal, seperti Kacer, Murai, Cucak Hijau, Kenari, Love Bird serta Pleci.