Kelurahan Sungai Malang Wakili HSU

0
27
AMUNTAI – Kelurahan Sungai Malang mewakili Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), didatanggi tim penilian lomba Desa dan Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu tadi.
Kedatangan tim penilai dari provinsi kalsel, langsung disambut Bupati HSU H Abdul Wahid HK beserta Ketua PKK HSU Hj Anisah Rasyidah.
Bupati HSU mengatakan, Keluarah sungai malang memiliki 21 RT dan jumlah pendudukan 6206 jiwa menjadi keluarahan yang terluas di kabupaten HSU. “Untuk sarana dan prasarana lengkap dan memadai yang bisa dimanfaatkan masyarakat,” katanya Wahid
Mantan wartawan ini, mengukapkan, dikelurahan sungai malang ada sarana, pendidikan, memiliki 5 play group, 9 taman kanak-kanak, 6 sekolah dasar, 4 SLTP dan 7 SLTA. “Makanya sungai malang disebut sebagai pusat pendidikan di kabupaten HSU,” ujarnya
Masih, menurut Wahid, pelayanan kesehatan juga sangat memadai dengan adanya 3 posyandu serta satu puskemas. Ekonomi kerakyataan juga berkembang dengan baik di kelurahan ini, memiliki luas 279,74 hektar. “Selain pegawai pemerintah, warganya juga sebagai pedagang dan peternak unggas,” sebutnya
Selain itu, ungkapnya Wahid, peternakan di kelurahan sungai malang juga sangat terkenal, terlebih saat ini telah memiliki 6 kelompok ternak yang masih aktif. Keluarahan sungai malang, termasuk paling aman minim kasus kriminalitas,”Tolong menolong masih sangat tinggi di keluarahan ini, kegotong royongan sangat dilakukan wargai sungai malang,” tuturnya.
Ketua Tim Penilai Gusti Aina Kabid Bina Bina Pemerintahan Desa mengatakan, kekaguman yang dirasakan saat memasuki Keluarah sungai malang adalah partisipasi masyarakat sangat tinggi dan antusias dalam kegiatan ini,”Terbukti dari persiapan yang telah dilakukan dalam penilian,” ujarnya
Ia membeberkan, dalam penilian ada beberapa kreteria yang dinilai seperi administrasi pemerintahan dan kegiatan masyarakat, hal ini disesuaikan dengan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 yang menjadi tolak ukur penilaian.
“Penilian ini juga menjadi bahan evaluasi perkembangan desa dan keluarah,” katanya
Sementara itu, Lurah Sungai Malang Ahmad Fikri mengatakan, pihak keluarahan beserta masyarakat telah bekerjasama dalam persiapan menyambut kedatangan tim penilai. Segala sesuatu administrasi pemerintahan memang sudah secara rutin dikelola oleh aparat keluarahan, sehingga dengan adanya penilian ini hanya sedikit melangkapi.
“Pemberdayaan masyarakat, melalui pembinaan diberbagi bidang menjadi program rutin disetiap tahun,” ungkapnya
Tampak hadir dalam penilian, Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi Lc, Ketua DPRD HSU H Sahrujani, Camat Amuntai Tengah, Kepala BPMPD HSU, BP3A dan beserta OPD terkait. (metro7/ysf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here