PARINGIN – Musibah kebakaran kebali terjadi di Kabupaten Balangan, jika seminggu lalu 13 buah rumah ludes dilalalp si Jago Merah. Dini hari tadi, Sabtu (24/7/2017) sebanyak 10 buah rumah dan 1 buah kios milik warga Desa Mungkur Uyam RT 1 Kecamata Juai habis terbakar.
Kebakaran yang terjadi sekitar jam 01.30 ini mengahabisakan rumah milik, Pa Nurul, Nini akbar, Dansi, Hatta, Kios ponsel beserta 4 rumah bedakan secara 100% sedangkan dua buah rumah yakni, milik Pak wardah dan Ulim terbakar sekitar 50%.
Menurut data dilapangan, api yang berasal dari rumah Nini Akbar ini, baru bisa dipadamkan beberapa waktu kemudian dengan bantuan Damkar baik dari Balangan maupub Kabupaten Tabalong dan kerugian ditaksir sekitar Rp1,5 miliar.
Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love mengatakan, memang telah terjadi kebakaran dini hari tadi, pemadaman api dibantu oleh rekanan BPK dari Balangan sendiri, dan kabupaten tetangga yakni Tabalong. Menurut Alive penyebab kebakaran sementara dikarenakan tabung gas yang meledak.
“Ya informasi yang kami terima dari Ketua RT 1 pak Junaidi asal api dari tabung gas yang meledak, tapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ujarnya.
Saat ini, lanjut Alive, pihaknya sudah memasang tenda untuk para korban kebakaran serta memberikan bantuan sembako untuk kebutuhan makan sementara.
“Kami menghimbau agar masyarakat terus waspada danahati-hati terhadap apa yang menyebabkan terjadinya kebakaran khususnya kompor dan listrij,” pungkasnya. (metro7/sugi)