PARINGIN – Penerus Perjuangan Kabupaten Balangan (PPKB) yang semula merupakan Panitia Penuntutab Kabupaten Balangan (PPKB) mengelar Halal Bihalal, Senin (10/7/2017) di Paringin.
Acara yang berlangsung di Gedung Sanggam ini selain dihadiri pengurus besar PPKB termasuk dari luar daerah seperti KH Husin Naparin yang merupakan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalsel dan HM Arsyad penjabat Bupati Balangan pertama juga langsung dihari oleh Bupati Balangan H Ansharuddin berserta jajarannya dan juga Forum Koordinasi Pimpinan Daerah tingkat (Forkorpimda).
Ketua PPKB M Yusuf A dalam sambutannya mengungkapkan, halal bihalal ini bukan sekedar silaturahmi namun juga merupakan sarana mempererat tali persatuan dan kesatuan baik antar PPKB atau dengan yang lain.
Halal bihalal ini, kata dia, juga media merefresh kembali tujuan dari perjuang pembentukan kebupaten Balangan.
“Untuk itulah halal bihala ini kami mengangkat tema Melalui Halal Bihalal PPKB kita rakat mufakat untuk membangun Banua Sanggam,” tegasnya.
Meski sudah 14 tahun Balangan berdiri, lanjut mantan Wakil Ketua DPRD Balangan ini, belum bisa mewujudkan cita-cita pembentukan Balangan yakni mewujudkan kesehjateraan masyarakat dan majunya Balangan.
Ini terlihat masih belum mandirinya daerah, pembangunan yang tidak merata dan masih tertinggal dari daerah lain.
“Menghadapi kondisi ini, pemerintah perlu melakukan terobosan dan inovasi khususnya pelayanan kemasyaratan, pendidikan dan kesehatan serta infrastruktur guna mewujudkan kesahjateraan masyarakata Balangan serta mensejajarkan Kabupaten Balangan dengan daerah lain di Kalsel,” ungkapnya.
PPKB sendiri, menurut salah satu tokoh PPKB ini, siap mendukung pemerintahan guna mewujudkan cita-cita pembeNtukan kabupaten Balangan yakni, mensejahterakan masyarkat dan memajukan daerah.
Bupati Balangan H Ansharuddin dalam sambutannya, memberikan apresiasi tinggi atas apa yang telah dilakukan PPKB selama ini. Dirinya juga mengajak PPKB, untuk turut serta ikut andil dalam proses pembangunan dengan pemberian dukungan kepada pemerintah khususnya terhadap program yang dijalankan pemerintah.
Selain itu, Bupati juga mempersilakan PPKB baik secara kelembagaan maupub perorang untuk memberikan saran, masukan ataupun kritikan terhadap pemerintahan khususnya terkait pembangunan di Balangan.
“Saya siap menerima masukan dan kritikan dari PPKB. Mari kita sama-sama membangun Balangan agar apa yang kita cita-citakan yakni, kemajuan Balangan dan kesehjateraan masyarakatnya bisa segata terwujud,” tungkasnya.
Diakhir acara halal bihalal ini, juga diisi dengan tausyiah oleh KH Husin Naparin yang merupakan tokoh Kalsel yang asli kelahiran dan berasal dari Kabupaten Balangan.(metro7/sugi)