Gelar Orientasi KB Untuk Mantapkan Kampung KB

0
52

METRO7.CO.ID, Amuntai- Untuk memantapkan Desa Rantau Bujur Darat (RBD), Kecamatan Sungai Tabukan yang dicanangkan sebagai ‘Kampung KB Mantap’ Dinas Pengedalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) setempat mengelar kegiatan Orentasi dan Pembinaan Kampung KB, Rabu (20/9/2017).
Menurut juru bicara DPPKB Kabupaten HSU Suhaimi, kampung KB mantap ini dituntut mempunyai beberapa kelompok kegiatan seperti, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) atau yang akrab dikenal Tribina.
Selain itu, kata dia, kampung KB juga ditekankan memiliki kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPPKS) dimana ada uang yang bergerak dalam peningkatan perekonomian keluarga.
“Kelompok-kelompok yang disyaratkan dalam kampung KB ini memiliki peran penting dalam perjalanan kampung KB itu sendiri, dimana kesemuanya tidak bisa dipisahkan dan saling berkaitan,” ungkapnya.
Senada dengan itu, Kepala UPT KB Ismawati mengungkapkan, jika keberadaan dan posisi kader sangat penting dalam keberhasilan program KB.
Dimana menurutnya, seorang kader KB membantu pelaksanaan program kampung KB maupun lainya yang ada di desa.
“Meskipun seorang kader bekerja secara sukarela, namun dituntut memiliki inovasi dan kreatif. Selain itu, sebagai kader KB kita juga harus selalu ramah dan menghargai orang lain, mampu berkomunikasi, saling mengayomi dan mengedepakan toleransi,” pungkasnya. (Metro7/Yusuf)

Baca Juga : Karyawan Conch Dilatih Bahasa Mandarin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here