METRO7.CO.ID, Paringin –

Kondisi perkembangan teknologi memotret yang semakin canggih dengan dukungan peralatan yang tersedia di pasaran, membuat masyarakat semakin bergairah untuk menggeluti berbagai genre fotografi tidak terkecuali di Kabupaten Balangan.
Teranyar, komunitas fotografer di Bumi Sanggam mengelar kegiatan Hunting Akbar Makro Nusantara Regional Balangan Tahun 2017. Acara yang khusus untuk genre fotografi micro (foto objek kecil) ini, diikuti puluhan peserta dari Kabupaten Tetangga seperti HSS, HSU dan HST.
Ketua pelaksana kegiatan, Hendra Saputra mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan hunting akbar macro nusantara dan macrophotographer of the year 2017. Dimana hunting akbar makro nusantara tingkat nasional, dipusatkan di Kota Samarinda Kalimantan Timur.
Hunting Akbar ini sendiri, kata Hendra, merupakan kegiatan kelima hunting serentak yang berlangsung di seluruh Indonesia plus 2 negara, dan Untuk Regional Kalimantan Selatan Tahun 2017 Kabupaten Balangan ikut serta mengadakan Hunting Akbar Makro Nusantara ini.
“Kita di Balangan sendiri dalam kegiatan kali ini mengangkat tema Mengenal Dunia Kecil Binatang Lewat Kamera DSLR, Kamera Pocket dan Kamera Handphone,’’ bebernya.
Lewat kegiatan ini, lanjut dia, pihaknya ingin mengenalkan secara luas genre fotografi macro sekaligus menjalin silaturrahmi antar sesama fotografer macro dan penggemar fotografi macro maupun dengan fotografer pemula.
Selain hunting bareng, menurutnya, kegiatan ini juga diisi dengan sharing (diskusi) bersama penggiat fotografi macro.
genre fotografi macro sendiri, ialah foto yang mengutamakan detail yang tinggi dan posisi yang sangat dekat. Dimana hewan-hewan kecil, benda-benda kecil, tetesan air dan tekstur merupakan biasanya dijadikan obyek yang umum pada cabang fotografi ini. Terpenting, saat mengambil obyek yang kecil tanpa menggunakan alat bantu optik seperti mikroskop merupakan karakteristik dari genre ini.
“Kita ingin lewat genre fotografi macro ini bisa memberikan gambaran betapa indah dan kayanya alam kita, sekaligus mengugah untuk mencinta dan melestarikan keindahan dan kekayaan alam tersebut,’’ pungkasnya.

(Metro7)