METRO7.CO.ID, Tanjung – Ribuan jemaah baik dari Kalsel, Kalteng dan Kaltim berhadir dalam haul Syekh Pangeran Haji Muhammad Nafis bin Ideris Al Banjari, Minggu (14/1/2018).

Haul yang berlangsung di makam Syekh Pangeran Haji Muhammad Nafis bin Ideris Al Banjari di Desa Binturu, Kecamata Kelua, Kabupaten Tabalong ini, juga turut dihadiri oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong Hj Syarifah Syifa,Forum Koordinasi Pimpinan Daerah beserta jajarannya.

Selain itu, dalam haul ulama yang dikenal ahli fiqih dan bidang tasawuf ini juga turut dihadiri ulama karismatik Banua KH Asmuni (Guru Danau) dan Habib Umar bin Ahmad Bafaqih yang datang dari Yogyakarta.

Bupati Tabalong dalam sambutanya mengatakan, pemerintah daerah akan mengembangkan makam Syekh Muhammad Nafis ini dengan memperluas ruas jalan yang ada mengingat tiap acara haul seperti sekarang dihadiri ribuan jemaah dari luar Tabalong hingga wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

“Untuk tahun ini Pemerintah Kabupaten Tabalong sudah menambah beberapa fasilitas di lingkungan makam Syekh Pangeran Haji Muhammad Nafis bin Ideris Al Banjari diantara Moshalla, Pendopo, kamar kecil serta perbaikan jalan dan jembatan,” bebernya.

Prosesi haulan sendiri dipimpin oleh Guru Danau yang dimulai dengan pembacaan tahlilan dan pembacaan syair maulid. Kemudian pembacaan ayat suci Alquran oleh qori asal Kecamatan Hulu Sungai Selatan (Kandangan) dan pembacaan riwayat singkat Syekh Muhammad Nafis dilanjutkan ceramah agama dari Habib Umar.

Dalam pembacaan manaqif disampaikan, Muhammad Nafis yang lahir 1148 Hijriah atau bertepatan dengan tahun 1735 Masehi, di kota Martapura, Kabupaten
Banjar ini berasal dari keluarga bangsawan Banjar dan dikenal memiliki bakat dan kecerdasan yang tinggi.

Dalam kegiatan haul kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, dimana masyarakat sekitar dan panitia haul mengelar warung gratis untuk para jemaah.

Dimana dalam warung amal tersebut, panitia haul Syekh Pangeran Haji Muhammad Nafis bin Ideris Al Banjari menyediakan 5500 aneka kue dan minuman seperti es teh, es sirup, kopi,teh hangat dan es buah secara gratis bagi jemaah yang hadir.

“Warung gratis ini adalah inisiatif warga setempat dengan dana dari warga Desa Binturu dan warga Tabalong lainnya yang sengaja diumumkan di sosmed agar bisa ikut serta beramal. Selain kue dan minuman kami panitia juga menyediakan 1000 nasi bungkus untuk jemaah dan puluhan ojek gratis yang mempermudah jemaah untuk sampai ke tempat haulan,” ujar salah satu panitia haul, Kamrani. (Metro7/MC Tabalong/Mona)