METRO7.CO.ID, Tanjung – Untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas III Tanjung diberikan keahlian membuat berbagai barang kerajinan.

Bahkan kini, warga Lapas yang terletak di Kecamatan Murung Pudak ini, sudah bisa memproduksi aneka kerajinan tangan seperti miniatur Tugu Obor Tanjung Puri, kapal layar dan miniatur rumah adat banjar.

Menurut Staf Pembinaan Lapas Tanjung, Abriadi, pemberian keahlian ini merupakan bagiandari program pembinaan bagi penghuni Lapas.

Untuk hasil karya warga binaan sendiri, kata Abriadi, bahkan kini sudah menjadi cenderamata favorit bagi jajaran Pemkab Tabalong untuk tamu luar kabupaten mengingat tugu obor merupakan ikon `Bumi Saraba Kawa.

“Dalam tiga hari warga binaan yang piawai membuat kerajinan miniatur tugu obor ini bisa memproduksi hingga 3 sampai 5 buah miniature dan dijual dengan harga bervariasi. dari Rp300 ribu sampai Rp350.000,” ungkapnya.

Dengan adanya keterampilan ini, lanjut dia, diharapkan warga binaan yang nanti sudah selesai menjalani masa tahanan bisa mandir dan tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum.

“Melalui pelatihan keterampilan ini diharapkan warga binaan bisa lebih mandiri dan Alhamdulillah hasil karya mereka bisa dimanfaatkan orang lain,” pungkasnya. (Metro7/MC Tabalong/Erwin)