BNN Balangan Fokos Pencegahan Narkoba Dikalangan Pelajar

0
31

METRO7. CO. ID, paringin –

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Balangan untuk mencegah dan memerangi peradaran narkoba gelab di Bumi Sanggam.
Berbagai upaya tersebut, terus diupayakan instansi ini untuk memutus mata rantai penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang di kabupaten Balangan diantaranya, penyuluhan dan sosialisasi hingga tes uren.
Upaya ini, menurut Kepala BNNK Balangan AKBP Agus Lukito, tidak terlepas dari tujuan pihaknya dalam tugasnya penyalahgunaan narkoba maupun obat daftar G jenis lainnya.
“Sebulan terakhir kami BNNK Balangan sudah beberapa kali melakukan sosialisasi dan pelatihan terhadap beberapa target prnyampaian program BNNK Balangan serta tes uren diberbagai instansi termasuk tes uren bagi pejabat eselon III dilingkupi Sekdakab Balangan,’’ ujar Agus Lukito saat pres relis, Selasa (15/5) kemarin.
Pelaksanaan tes urine bagi para pejabat eselon III ini sendiri, permintaan langsung Bupati Balangan. Ada 83 orang pejabat eselon III yang mengikuti tes urine ini.
Terlepas dari itu, lanjut mantan Wakapolres HSU ini, saat ini pihaknya masih menitik beratkan pencegahan narkoba dikalangan siswa sekolah. Baik siswa SMA dan SMP sedarajat maupun SD.
Pemilihan anak usia sekolah ini, menurut dia bukan tanpa alasan, sebab dari beberapa kali kunjungan kesekolah sudah ada indikasi jika para siswa sudah terpengaruhi narkoba.
“Dari kunjungan kami kebeberapa sekolah bahkan tingkat dasar, ditemukan ada beberapa siswa yang mengaku pernah mengkonsumsi obat daftar G dan sejenisnya,” ujarnya.
Khusus untuk program rehabilitasi, lanjut dia, pihaknya telah melakukan layanan pasca rehabilitasi dimana sasarannya yaitu penyalahguna dan pecandu narkoba yang telah mengikuti program terapi rehabilitasi rawat jalan dan inap.
“Khusus pencegahan, kami mengarah kepada kemandirian masyarakat untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba dilingkungannya masing-masing,”

pungkasnya. (Metro7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here