TAMIANG LAYANG – Kepala Desa Patung Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur Kalteng, Kristinus mempertanyakan kenapa Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I tahun 2019 belum ada kabar pencairanya.

“Ini sudah bulan lima, namun sampai saat ini belum juga ada kabar DD maupun ADD cair,” kata Kristinus saat dibincangi dikantornya, Sabtu (18/5/2019).

Menurutnya, biasanya kalau sudah bulan Mei DD dan ADD untuk tahap satu sudah cair. Namun sampai saat ini belum ada kabarnya.

Padahal, lanjut kades, pihaknya sudah melengkapi semua persyaratan yang sudah ditentukan oleh DPMD.

“Semua persyaratan sudah kita lengkapi. SPJ tahun 2018 sudah selesai semua. Jadi apa kendala pemerintah saat ini sehingga belum bisa mencairkan dana tersebut,” ucapnya.

Kristinus mengaku dengan molornya DD dan ADD dicairkan sangat berdampak pada pembangunan didesa maupun pelayanan pemerintahan.

“Kalau dana tersebut terlambat cair maka pasti sangat berdampak pada pengerjaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.
Contohnya seperti kalau kertas habis, pulsa listrik habis, pasti mau tidak mau kita ngutang dulu yang penting pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kadis DPMD Barnusa saat wartawan mencoba mengonfirmasinya kekantor, yang bersangkutan tidak berada ditempat.

Hingga berita ini dinaikan, Plt Kadis DPMD Bartim belum bisa ditemui.
(metro7/budi).