Kades Dorong
Yantha K. Seo
Kades Kalinapu
 Yasman. S
TAMIANG LAYANG- Untuk meningkatkan Perkembangan dan pembangunan di suatu Desa, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur (Bartim) melalui Badan Pemerdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) telah menganggarkan untuk kenaikan Alokasi Dana Desa (ADD) pada tahun anggaran 2013 ini, yang disetujui pada rapat Paripurna anggaran DPRD Kabupaten Bartim senilai Rp 20 Milyar, peningkatan ADD ini sesuai dengan tuntutan otonomi Daerah, maka dari itu dengan adanya peningkatan ADD pada tahun 2013 ini, diharapkan Kepala Desa bisa menggunakan dengan sebaik mungkin dan tepat sasaran untuk kepentingan masyarakat di Desa tersebut.
 Kepala Desa Dorong Yantha.K.Seo ketika ditemui Metro7 di kediamannya belum lama ini mengatakan dengan adanya peningkatan ADD pada tahun 2013 ini, maka saya sebagai Kepala Desa serta BPD dan masyarakat saya akan menggunakan ADD tersebut dengan sebaik mungkin dan rencanannya akan kami pergunakan untuk penyelesaian Kantor Desa dan pembuatan Batas-batas Desa Dorong akan kita laksanakan pada ADD tahun 2013, dengan menghabiskan dana sekitar 15 juta agar admistrasi Desa benar-benar tertata dan tersusun dengan baik, sehingga tidak terjadi lagi tumpang tindih batas antar Desa lain.
 
“Anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) pada tahun 2012 Desa Dorong hanya mendapat sebesar Rp. 111 Juta, untuk pembangunan Kantor Desa Dorong pada ADD tahun 2012 sebesar Rp 55 juta dan tahap kedua untuk penyelesaiannya akan kita laksanakan pada ADD tahun 2013, karena pembangunan kantor tersebut diliksanakan secara 2 tahap yaitu pada anggaran ADD 2012 dan anggaran ADD 2013, sehingga kita harapkan pada tahun ini sudah bisa selesai,”kata Yantha.
Selain itu Kades Kalinapu Yasman S ketika ditemui Metro7 mengungkapkan  untuk Desa Kalinapu Alokasi Dana Desa (ADD) pada tahun 2012 hanya berjumlah sekitar Rp. 101 juta dengan jumlah penduduk 198 jiwa sedangkan jumlah KK 59 terbagi menjadi 2 RT, sedangkan pada ADD 2012 kemarin kita gunakan untuk pembangunan Pos Kambling, Pembinaan Karang Taruna serta Pembinaan PKK dan operasional aparat Desa dalam menunjang pembangunan di Desa. 
Yasman juga menambahkan dengan ada nya kenaikan ADD pada tahun 2013 ini, maka akan kita rencanakan untuk membangun pondasi Kantor Desa dan Batas-batas Desa karena masyarakat Desa Kalinapu sangat mengharapkan agar ada Batas- Batas Desa, sebab selama ini banyak kejanggalan mengenai batas-batas Desa, padahal kami sejak tahun 2010 sudah mengusul kepada Pemeintah Daerah agar di buatkan pembatasan Desa Kalinapu namun sampai saat ini tidak ada tanggapan sama sekali mengenai usulan tersebut, sehingga saya berencana melalui kenaikan ADD tahun 2013 ini untuk menyisihkan pembuatan batas Desa, ungkap Yasman.
Dia berharap pada tahun angaran 2013 ini untuk batas – batas Desa Kalinapu agar ada tanggapan dan perhatian oleh pemerintah Daerah karena kalu kita ambil dari  ADD hanya sebagian kecil saja karena ADD tersebut akan kita gunakan untuk proritas pembangunan Desa yang menyentuh kepentingan masyarakat banyak, 
Karena kalu batas-batas Desa sudah tertata dengan baik maka tidak akan terjadi simpang siur dengan Desa –Desa lain, tegas Yasman. (Ali/Fauzi/Metro7)