Puluhan Warga Lamida Bawah Balangan ketika melakukan demo di perkebunan PT Balangan Persero. (foto:sry)
PARINGIN — Warga Lamida Bawah Kabupaten Balangan Rabu (8/2) lalu menggelar unjuk rasa terkait klaim atas lahan mereka oleh PT Balangan Persero, sebuah perusahaan perkebunan yang beroperasi di wilayah Balangan Menurut warga, aksi demo ini sudah lama direncanakan,

namun baru kali ini bisa dilaksanakan. Itu pun setelah adanya aspirasi dari warga Tanjung Kabupaten Tabalong, Halong dan Lampihong, yang juga merasa senasib dan akan turut menuntut tanah hak miliknya masing-masing yang akan diklaim oleh perusahaan.

Saat melakukan aksinya, warga mengerahkan kekuatan massa sekira 400 orang untuk berjaga-jaga di kawasan itu.
“Siapa tahu ada massa lain yang datang dari pihak perusahaan untuk mengklaim tanah mereka. Karena tanah ini sudah sah menjadi milik kami sejak tahun 1976,” tutur Tamsiun yang merupakan tokoh dari masyarakat Lamida Bawah.
Disebutkannya bahwa jumlah keseluruhan tanah perkebunan yang bermasalah tersebut adalah sekira 450 hektar, yang terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Lokbatung dan Lamida Bawah.
“Kami sudah seringkali melaporkan hal ini ke DPRD dan Polres Balangan, tapi sampai saat ini tidak ada titik terangnya,” tutur Rusmadi, Koordinator aksi demo itu.
Ia sendiri menegaskan telah memegang bukti kuat, yaitu segel tanah dan perkebunan di kawasan Hutan Limau Manis, berukuran 100 m x 200 m atas nama Tamsiun, seorang petani yang tinggal dan beralamat di Desa Paran Kecamatan Paringin Datu 2 HSU, dengan saksi Jani, Pairuh Husin dan Amid.
“Kami selaku warga, menginginkan hak milik tanah dan perkebunan tersebut tetap berada di tangan kami dan akan kami pakai seperti dulu, sehingga kami dapat mengambil manfaat dan hasil kebun ini,” ujar Rusmadi.
Ditambahkannya bahwa jika pihak perusahaan dan pemerintah tidak dapat juga menindaklanjuti persoalan ini, maka warga akan tetap menguasai lahan tersebut dan akan melakukan demo susulan sampai diturunkannya Surat Keputusan atau adanya titik terang di kemudian hari. Metro7/Sry