TANJUNG – Hasil kebersamaan dan kerja keras semua pihak, baik itu pemerintah daerah, perusahaan, khususnya masyarakat Kabupaten Tabalong yang peduli akan lingkungan kembali berbuah hasil dengan diperolehnya piala Adipura 2017.
Penghargaan piala Adipura tersebut diterimakan secara langsung Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani di Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Jenderal Gatut Subroto, Jakarta dan diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.
Perolehan Adipura 2017 ini membuktikan Bumi Sarabakawa yang berada di paling Utara Kalimantan Selatan ini mampu mendorong penyelesaian berbagai isu lingkungan hidup yaitu pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau, pemanfaatan ekonomi dari pengelolaan sampah dan RTH, pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, pengendalian dampak perubahan iklim, pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat pertambangan, pengendalian kebakaran hutan dan lahan, serta penerapan tata kelola pemerintahan yang baik.
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan, adipura ini hasil kerja keras semua pihak. Maka itu bisa tidak bisa, Adipura ini akan terus dipertahankan pada tahun berikutnya. Sebab tidak semua kota di Indonesia, termasuk tidak semua kabupaten di kalimantan Selatan yang memperolehnya.
“Kita patut syukuri ini. Alhamdulillah berkat kerja keras semuanya kita dapat mempertahankan Piala Adipura,” katanya.
Ungkapan syukur diperolehnya piala Adipura kali kedua untuk Kabupaten Tabalong juga ditandai dengan syukuran sekaligus pawai yang digelar di Taman Giat Kota Tanjung, Jum’at (4/8/2017).
Piala Adipura pun diarak keliling Kota dengan rute Taman Kota Tanjung, Pasar Tanjung hingga ke Pasar Kapar Murung Pudak diteruskan menuju mengelilingi Tugu Obor Mabu”un hingga kembali ke Taman Giat Kota Tanjung.
Ungkapan terima kasih dipertahankannya Adipura tahun ini diutarakan bupati kepada semua pihak terlebih kepada petugas kebersihan.
Petugas kebersihan dipastikannya akan mendapatkan bonos gaji ke-13 bagi yang berstatus non ASN, juga akan memberangkatkan empat orang yang akan berangkat umrah. juga didapatkan.
“Kita akan terus berikan penghargaan terhadap orang-orang yang berjasa dengan daerah ini,” kata Bupati Anang. (metro7)