Tanjung — Puncak peringatan Hari Jadi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-63 tanggal 3 Maret 2013 mendatang akan digabungkan dengan peringatan Hari Jadi Ke-51 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang jatuh pada tanggal 19 April 2013.
Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Tabalong, Drs Hadir Imanuddin MSi, penggabungan peringatan harjad dua organisasi ini merujuk pada surat edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor: 003/308/SJ tanggal 31 Januari 2013 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Diah Anggraeni.
“Dalam surat itu dijelaskan, kegiatan harjad Satpol PP dan Satlinmas dapat diisi dengan operasi simpatik penegakan perda, donor darah, melaksanakan program yang dicanangkan oleh pemerintah dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya,” kata Hadir, baru-baru tadi.
Mantan Sekretaris Dinas Kehutanan Kabupaten Tabalong ini juga mengungkapkan, puncak peringatan harjad Satpol PP dan Satlinmas secara nasional rencananya akan dipusatkan di Provinsi Riau pada tanggal 18 April 2013. “Sedangkan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota bisa disesuaikan agar tidak berbenturan dengan jadwal kegiatan yang dipusatkan di propinsi Riau,” kata Kepala baru-baru tadi.
Hadir juga mengungkapkan, tema harjad Satpol PP Ke-63 dan Satlinmas Ke-51 tahun 2013 adalah “Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Konsisten Menjaga Citra Wibawa Pemerintah Daerah Melalui Tugas Pokok dan Tugas Fungsi”. (Metro/Via)