Amuntai — Wakil Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam Semarak Maulid Habsyi Partai Golkar 2013 telah diketahui. Untuk putra diwakili oleh Group Habsyi Tubatul Hadra dan untuk puteri diwakili oleh Jannatun Nisa dari Kecamatan Amuntai Tengah setelah berhasil menyisihkan 17 group pesaingnya.
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya Kabupaten HSU Drs H Abdul Wahid HK MSi  yang turut hadir di  malam final lomba ini mengaku optimis group habsyi HSU kembali meraih predikat juara di tingkat propinsi. “Dari penampilan kedua juara yang saya lihat tadi asalkan terus dilatih saya yakin HSU akan kembali menjuarai  Semarak Maulid Habsy di tingkat propinsi nanti,” ucapnya.
Wahid berpesan supaya kedua group yang habsy yang keluar sebagai juara tingkat kabupaten ini untuk terus berlatih sebelum lomba tingkat nanti digelar. Namun mereka harus terus berlatih karena event ini akan tetap dilaksanakan tahun mendatang.
Penyelenggaraan seleksi semarak maulid habsy ini merupakan salah satu realisasi dari misi Partai Golkar yang ingin ikut mengembangkan syiar Islam ke tengah masyarakat. Untuk seleksi ditingkat kabupaten, lanjut Wahid lokasi pembukaan dan penutupan acaranya rencananya akan digilirkan di wilayah kecamatan lain sesuai hasil kemufakatan dengan pengurus DPD Partai Golkar tingkat Propinsi Kalsel. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan partai Golkar kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang bernuansa keagamaan.
Ketua DPD Partai Golkar HSU ini berharap dengan digelarnya seleksi maulid habsy ini akan memberikan dampak peningkatan keimanan dan kecintaan Umat Islam terhadap Nabi Muhammad SAW. “Semoga dapat memberikan siraman rohani yang bisa merubah prilaku kita menjadi lebih baik,” harapnya.
Sementara itu salah seorang pembina dari group habsy puteri Jannatun Nisa, Budi Rahmad, kepada Metro7 mengaku sangat bangga dengan keberhasilan yang diraih oleh anak didiknya. “Saya selaku pembimbing tentu sangat bangga akan keberhasilan dari adik-adik binaan kami, dan kami akan tetap berlatih sampai lomba untuk tingkat propinsi digelar,” jelasnya.
Budi mengaku tidak menyangka akan keberhasilan anak didiknya karena menurutnya mereka latihan baru dua minggu. Ia juga berharap mereka juga menjuarai lomba di tingkat propinsi nantinya seperti group-group habsy sebelumnya.
Pada seleksi Semarak Maulid habsy tahun 2011 lalu Group habsy  putera asal HSU yakni Nurul Hidayah menjadi juara I kategori putera untuk tingkat propinsi dan berhak atas hadiah utama berupa umroh bagi semua anggotanya.
Sedangkan pada tahun kedua, giliran group habsy puteri An Nisa Al Hidayah dari Desa Pakapuran Amuntai Utara yang berhasil menjuarai lomba habsy tingkat propinsi yang juga mendapat hadiah umroh. (Metro7/Ayie)