Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan program-program tanggung jawab sosial atau tiga faktor utama operasi dalam kaitannya dengan lingkungan dan manusia secara serius, termasuk PT Pamapersada Nusantara. Program tanggung jawab sosial memang penting untuk diterapkan oleh perusahaan, karena keuntungan perusahaan juga tergantung pada masyarakat dan lingkungan.

PT PAMA bertekad untuk tidak akan mengabaikan peranan stakeholders (konsumen, pekerja, masyarakat, pemerintah, dan mitra bisnis) dengan hanya mengejar profit semata. Sebab jika perusahaan mengabaikan keseimbangan Triple Bottom Line, maka akan terjadi gangguan pada manusia dan lingkungan sekitar yang dapat menimbulkan reaksi seperti aksi demonstrasi atau kerusakan lingkungan sekitar, akibat aktifitas perusahaan yang mengabaikan keseimbangan alam.
Banyak cara yang telah dilakukan PT PAMA untuk menerapkan program tanggung jawab sosial dan tetap menjaga keseimbangan Triple Bottom Line.
Astra Group sendiri dimana PT PAMA menjadi bagian darinya, melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra, telah melakukan program pemberdayaan UKM melalui peningkatan kompetensi dan kapasitas produsen. Termasuk di dalam program ini adalah pelatihan manajemen, studi banding, magang, dan bantuan teknis. Di luar itu, grup Astra juga mendirikan Yayasan Toyota dan Astra yang memberikan bantuan pendidikan. Yayasan ini kemudian mengembangkan beberapa program seperti: pemberian beasiswa, dana riset, mensponsori kegiatan ilmiah universitas, penerjemahan dan donasi buku-buku teknik, program magang dan pelatihan kewirausahaan di bidang otomotif.
PT Pamapersada Nusantara (PAMA) sebagai salah satu anak perusahaan Astra Group yang bergerak di bidang jasa kontraktor pertambangan, secara mandiri sangat fokus menjalankan program Community Development (Comdev) di seluruh wilayah operasi.
Program unggulan yang dijalankan adalah pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat atau lebih dikenal Income Generating Activity (IGA) dengan melakukan pembinaan pada koperasi dan UMKM melalui LPB Pama Mitra Daya (PAMIDA), dan LPB Adaro-PAMA.
Di bidang pengembangan pendidikan, PT PAMA fokus pada program pustaka keliling, peningkatan kompetensi tenaga pengajar, pembangunan sekolah unggulan SD-SMA Hasbunallah, beasiswa, magang operator dan mekanik alat-alat berat.
Contoh di atas hanya merupakan sebagian kecil dari usaha yang telah  diterapkan melalui program tanggung jawab sosial. PT PAMA selalu berusaha menjadikan program tanggung jawab sosial sebagai bagian dari perencanaan strategis perusahaan. Meskipun dengan demikian, PT PAMA akhirnya mempunyai corporate image yang lebih tinggi yang berdampak pada loyalitas yang tinggi, baik bagi masyarakat yang telah diuntungkan, maupun bagi konsumen yang sering mengandalkan corporate image dalam mengonsumsi apa yang mereka beli. Metro7/usy