TAMIANG LAYANG – Sejak akhir Desember 2016 tadi, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kab Bartim Lurikto mendapat kepercayaan baru setelah mendapat surat tugas dari Bupati Bartim. Baginya dimanapun di tugaskan dan ditempatkan harus siap, apalagi dapat perintah langsung dari atasan, karena sebagai seorang PNS, jabatan adalah amanah yang harus dijalankan, apalagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kita harus ikhlas, dan tulus sebagai Abdi Negara.
Setiap saat kita selalu melakukan komunikasi terhadap para staf yang ada, sehingga semua problem dan permasalahan yang

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kab Bartim LURIKTO. SP.MM

ada dilapangan bisa dikomunikasikan dan bisa dijalankan dengan baik, sedangkan untuk pengelolaan sampah dengan pola 3R yaitu Reduce (mengurangi sampah dari sumber) serta menyusun perda tentang tata kelola sampah, dan melakukan sosialisasi secara rutin tentang manfaat sampah dengan mengubah pola pikir masyarakat dari membuang sampah hingga cara pemanfaatan dari sampah tersebut.
Masih kata Lurikto, terobosannya adalah dengan mengoptimalkan Bank Sampah yang ada di Luaw Benawa dengan cara membentuk kelompok kerja atau kelompok usaha bersama agar dapat memberikan tambahan PAD serta penambahan peralatan pada Bank Sampah, sedangkan pengelolaan sampah dilakukan dengan cara pengumpulan sampah dari sumber sampah dengan door to door yang akan diangkut menuju TPA Luaw Benawa, untuk pengelolaan TPA menggunakan system Sanitary Landfill.
Pertama peningkatan dan pemeliharaan lokasi TPA di Luaw Benawa, serta pemeliharaan sarana dan prasarana operasional persampahan dan jumat bersih yang merupakan kegiatan dalam rangka menciptakan rasa kebersamaan dan kegontong royongan, semua itu program dan kegiatan pada tahun 2017 ini.
“Memang menjadi PNS adalah sebuah pengabdian kepada bangsa dan Negara khusunya kepada Daerah tanpa pamrih. karena tugas kita adalah sebagai abdi Negara dan sebagai pelayanan bagi masyarakat, namun yang paling penting menurut saya secara pribadi, bekerja itu bagaimana kita bisa bermanfaat bagi masyarakat maupun orang lain dan itu salah satu kebanggaan bagi saya secara pribadi,” katanya. (metro7/all)