METRO7.CO.ID, Jakarta- Ketua Dekranasda Kabupaten Balangan Hj Nursidah Ansharuddin secara langsung menghadiri dan mengikuti rankaian Peringatan HUT Ke-37 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tahun 2017 yang berlangsung di Jakarta.
Peringatan HUT Dekranas ini sendiri dimulai dengan Rapat Kerja Nasional (Rekernas) yang diikuti oleh seluruh Ketua Dekranasda Provinsi dan Kabupaten atau Kota se Indonesia yang diselengarakan, Selasa (26/9/2017) di Ruang Serba Guna Kantor Kementerian Pertahanan dan Keamanan RI lantai 16 Jakarta Barat.
Selanjutnya peringatan puncak HUT Dekranas dilaksanakan pada, Rabu (27/9/2017) sekaligus pembukaan Pemeran Produk kerajinan Nusantara “Kriya Nusa 2017” yang langsung dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo.
Menurut Ketua Dekranasda Kabupaten Balangan Hj Nursidah Ansharuddin, ada yang berbeda pada peringatan HUT Dekranas kali ini, dimana biasanya kepala Dekranasda Provinsi hanya menghadiri acara namun kali ini diwajibkan persentasi terkait jalannya Dekranasda di daerahnya.
“Tiap Kepala Dekranasda wajib memaparkan apa yang sudah dilakukan dan rencana kedepannya,” bebernya.
Dekranasda Balangan sendiri, menurut dia, akan segara melaksakan apa yang telah dihasilkan dalam Rakornas tersebut diantaranya terus mendorong kemajuan ekonomi kreatif melalui produk kerajinan yang berkualitas dan handal.
Mewujudkan ini semua, lanjut istri Bupati Balangan ini, salah satunya lewat pelatihan dan pembinaan kepada para pekalu kerajinan serta menyinkronkan program kegiatan dan sasaran pembangunan yang tengah dijalankan pemerintah.
“Kami pun mempunyai misi untuk melestarikan nilai–nilai budaya bangsa yang tercermin dalam produk kerajinan. Makanya kami terus mendorong kemajuan dunia industri kerajinan baik melalui program kegiatan pembinaan, pelatihan dan pemasaran / promosi hasil kerajinan daerah dengan mengikutsertakan dalam berbagai even pameran seperti kegiatan ini,” pungkasnya. (Metro7/Sugi)